Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Stroke Ringan

aflahsentosa.com - Gejala Stroke Ringan. Gejala stroke ringan saat ini makin sering ditemukan pada pasien berusia muda. Stroke ringan atau yang lebih populer dengan istilah ministroke atau TIA (transient ischemic attack) merupakan masalah kesehatan serius yang berasal dari penyumbatan darah ke otak secara temporer.

Berbeda dengan stroke, ministroke tidak menyebabkan disabilitas permanen sekalipun gejala dan efeknya sangat mirip. Namun jika dibiarkan begitu saja, gejala ini dapat berubah menjadi penyakit stroke serius di masa depan.

Gejala Stroke Ringan

Penyebab & Gejala Stroke Ringan di Usia Muda

Stroke ringan di usia muda makin banyak ditemukan di negara-negara berkembang. Kualitas hidup yang buruk, kebiasaan yang tidak sehat (seperti merokok dan jarang berolahraga), serta asupan makanan tinggi kolesterol kerap menjadi pemicu penyakit ini. Secara spesifik, penyebab ministroke tidak jauh berbeda dari stroke biasa, yaitu:

1. Tekanan darah tinggi
2. Kolesterol tinggi
3. Penyempitan arteri akibat penumpukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis)
4. Diabetes atau gula darah yang terlalu tinggi.


Gejala stroke ringan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari penyebab dan area pada otak yang terdampak. Namun, kamu harus mulai waspada apabila mengalami hal-hal berikut:

1. Kesulitan berbicara (dysphasia)
2. Kehilangan keseimbangan secara mendadak
3. Kebingungan atau perubahan kemampuan penglihatan (kebutaan sementara)
3.Pingsan mendadak atau sakit kepala yang intens
4. Gangguan pada indera pengecap atau gangguan penciuman
5. Rasa kebas atau kaku di salah satu sisi tubuh atau wajah.
Penanganan Gejala Stroke Ringan

Stroke ringan adalah kondisi serius yang perlu ditangani secara medis. Pada umumnya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan jika kamu mengalami beberapa gejala ministroke.

Pemeriksaan tersebut dapat berupa tes fisik, tes darah, carotid ultrasound, atau ekokardiogram. Pada kondisi yang mengkhawatirkan, dokter juga dapat melakukan CT scan atau MRI untuk mencari sumber masalah. Dalam kondisi darurat, gejala stroke bisa dikenali dengan metode F.A.S.T:

F (face atau wajah) – Wajah yang tampak miring atau senyum yang tidak simetris menandakan serangan stroke

A (arm atau lengan) – Sensasi kebas di tangan dan ketidakmampuan untuk mengangkat satu atau kedua lengan adalah gejala stroke serius

S (speech atau kemampuan berbicara) – Gangguan pada kemampuan bicara atau cara bicara yang mendadak berubah gagap harus diwaspadai

T (time atau waktu) – Pada kondisi yang serius, kamu harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan orang yang mengalami stroke. Segera hubungi rumah sakit atau layanan kesehatan darurat terdekat.

Serangan ministroke pada umumnya hanya berlangsung dalam hitungan menit. Namun, sebaiknya segeralah mencari pertolongan untuk berjaga-jaga.

Cara Mencegah Stroke Ringan pada Anak Muda

Meski gejala stroke ringan pada anak muda hanya berlangsung dalam waktu singkat, gejala itu dapat berubah menjadi serangan stroke serius di masa depan. Untuk mencegah risiko tersebut, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda praktikkan:

1. Memperbaiki Pola Makan dan Menjaga Berat Badan Ideal

2. Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

3. Praktikkan diet sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.

4. Pastikan Anda tidak mengalami obesitas dan berolahraga secara rutin.

5. Tidak Merokok dan Mengurangi Konsumsi Alkohol.
(Rokok dan alkohol diketahui dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit lainnya. Jagalah kesehatanmu dengan menghindari keduanya)

6. Istirahat Secukupnya dan Memeriksakan Diri secara Rutin
(Istirahat yang cukup tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi stres yang dapat menaikkan tekanan darah dan memicu stroke ringan. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya lakukan pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol minimal satu tahun sekali untuk mengurangi risiko gejala stroke ringan di usia muda.)

Referensi:

Belliveau, Jeannette. 2019. “Signs and Symptoms of Ministroke (TIA).” Healthline. June 1, 2019. https://www.healthline.com/health/stroke/signs-symptoms-tia-mini-stroke.

Mayo Clinic. 2021. “Stroke - Diagnosis and Treatment - Mayo Clinic.” Mayo Clinic. February 9, 2021. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stroke/diagnosis-treatment/drc-20350119.

Narayana Health. 2015. “Stroke in Young Adults - Symptoms, Risk Factors, Prevention.” Narayana Health Care. October 28, 2015. https://www.narayanahealth.org/blog/stroke-in-young-adults-preventing-a-major-crisis-among-the-youth-of-today/.

Post a Comment for "Gejala Stroke Ringan"