Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Membaca dan Menghafal Al Qur'an

Aflahsentosa.com - Manfaat Membaca dan Menghafal Al Qur'an. Melanjutkan pembahsan sebelumnya yang sudah saya posting yaitu Fase-fase Menghafal Al Qur'an dan Metode Menghafal Al Qur'an, untuk kesempatan kali ini mengenai Manfaat Menghafal Al Qur'an, masih dari sumber yang sama yaitu Al Qur'an Tafsir Per Kata "Alhidayah" terbitan PT. Kalim. Banyak sekali manfaat dari menghfl Al Qur'an, diantaranya berikut ini Manfaat Membaca dan Menghafal Al Qur'an :

Manfaat Membaca dan Menghafal Al Qur'an

Al Qur'an Sebagai Obat Hati

Ternyata Al Qur'an merupakan obat bagi penyakit-penyakit fisik dan kejiwaaan, terutama penyakit hati. Al Qur'an mengandung obat untuk setiap penyakit. Ketika Anda tertimpa rasa cemas dan gundah, Al Qur'an dapat menghilangkan kegundahan Anda. Ketika Anda tertimpa penyakit, Al Qur'an dapat menyembuhkan atas ijin Allah. Membaca surah Al Falaq, surah An Nas, dan Ayat Kursi dapat melindungi Anda dari segala macam gangguan Atas ijin Allah.
Jika membaca surah Al Fatihah dapat menyembuhkan orang yang sakit, dengan ijin Allah, tentu orang yang hafal seluruh ayat-ayat Al Qur'an akan lebih luar biasa yang Anda baca dan Anda dengarkan, sebagai bentuk aplikasi terhadap firman Allah SWT.

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

"Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al A'raf : 204)


Hafal Al Qur'an Sebagai Pelipur Lara

Ketika Anda menghafal Al Qur'an, lalau Anda membacanya dengan berulang-ulang, Anda pasti mendapatkan ayat-ayat tertentu yang sesuai untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu pula, seperti ayat-ayat untuk menyembeuhkan lara, menghilangkan rasa sedih, mengobati guncangan batin, memudahkan rizki, dan ayat-ayat untuk cepat hamil dan mudah dalam melahirkan. Jika anda hafal Al Qur'an, Anda dapat membawa ayat-ayat itu di dalam dada Anda, dan Anda dapat membacanya setiap kali Anda membutuhkannya. Hafal Al Qur'an berarti  Anda memiliki media-media penyembuhan. Banyak eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al Qur'an tidak pernah menderita lara, gelisah, dan sedih.

Hafal Al Qur'an lahirkan Kebahagiaan

Menghafal Al Qur'an dapat membuat seseorang semakin sabar dan tangguh dalam menghadapi segala macam kesulitan hidup, juga akan memperoleh kebahagiaan yang tak terhingga. Ketika Anda hafal Al Qur'an, Anda dalam menyembuhkan penyakit. Allah SWT berfirman :

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ 

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar Rad : 28)

Janin Terpengaruh Oleh Bacaan Al Qur'an

Para ilmuwan menegaskan, janin dalam kandungan ibunya  setelah 24 malam mulai berinteraksi dengan  pengaruh-pengaruh eksternal, dan ia mulai terpengaruh oleh suara-suara yang ia dengar, sedang ia berada dalam perut ibunya. Oleh karena itu, seorang ibu harus memperdengarkan ayat-ayat Al Qur'an kepada janin yang berada dalam kandungannya. Apabila setelah melahirkan, sang ibu harus tetap mendengarkan  ayat-ayat Al Qur'an kepada anaknya. Dengan begitu, sel-sel otak dan hati anak itu akan terpengaruh oleh ayat-ayat Al Qur'an, yang merupakan firman Allah. Jika Anda memperlakukan janin Anda seperti itu, berarti Anda telah mempersiapkan anak Anda untuk menghafal Al Qur'ansebelum ia dilahirkan ke dunia.

Al Qur'an Sebai Teman Terbaik

Pilihlah (mushaf) Al Qur'an sebagai sahabat dalam sebagian besar waktu Anda dan konsistenlah dalam menghafal Al Qur'an. Dengan begitu, akan tumbuh hubungan khusus antara Anda dengan Al Qur'an. Cara ini dapat membuat Anda mencintai Al Qur'an dan membuat Anda dapat menikmati hafalan Al Qur'an, disamping Al Qur'an menjadi penjaga hafalan Anda. Langkah ini dapat dimulai dengan mencari seseorang teman yang dapat diajak menghafal Al Qur'an bersama dengan Anda. Perbincangan Anda dengan teman Anda itu sebisa mungkin hanya seputar Al Qur'an dan berzikir kepada Allah.

Memahami Setiap Kata Dalam Al Qur'an

Sering-seringlah untuk berada dalam satu majelis atau bertukar pikiran dengan orang -orang yang saleh, orang-orang yang berilmu, orang-orang hafal Al Qur'an, dan orang-orang yang memiliki perhatian dan bergelut dalam  tafsir Al Qur'an. Ketika Anda mendapatkan kata atau kalimat yang sulit atau tidak Anda pahami, tanyakanlah tentang tafsir kata atau kalimat tersebut kepada orang yang memahaminya. Upayakan untuk menguasai banyak tentang  hukum-hukum tajwid. Menguasai keahlian tersebut sama dengan sudah menguasai 50% hafalan Al Qur'an. Bacalah semua artikel atau gagasan yang berkaitan dengan Al Qur'an.

Demikan yang bisa saya bagikan mengenai diantaranya manfaat membaca dan menghafal Al Qur'an. Semoga bisa bermanfaat, dan bisa menambah semangat kita dalam membaca / menghafal Al Qur'an. Aamiin

Post a Comment for "Manfaat Membaca dan Menghafal Al Qur'an"