Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah

Aflahsentosa.com - Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah. Melanjutkan pembahsan sebelumnya yang sudah saya posting yaitu Metode Menghafal Al Qur'an, untuk kesempatan kali ini mengenai fase-fase menghafal Al Qur'an, masih dari sumber yang sama yaitu Al Qur'an Tafsir Per Kata "Alhidayah" terbitan PT. Kalim. Berikut ini Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah.

Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah

* Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah *

1. Mulai menghafal dari surah yang Anda sukai dan Anda yakini mudah untuk Anda hafal.
2. Dengarkan surah yang Anda hafal sebanyak sepuluh atau dua puluh kali
3. Buka Al Qur'an untuk melihat surah yang Anda hafal. Anda pasti merasa familier dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam di dalam sel-sel otak Anda setelah Anda sering mendengar surah itu.
4. Surah yang akan Anda hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok.
5. Mulai mdengan membaca kelompok ayat pertama, diulang-ulang hingga hafal.
6. Kemudian baca berulang-ulang kelompok ayat kedua hingga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan kelompok ayat kedua dalam bacaan Anda hingga benar-benar Anda hafal

Mendengarkan Lantunan Al Qur'an Ketika Tidur :

Para ilmuwan menegaskan, pada saat seseorang tidur, otak tetap energik : Memperbaiki data-data yang dikumpulkan selama seharian, lalu menyusun dan memasang data-data itu dilikasi-lokasi tertentu. Karena itu, setiap setiap kita dapat mengambil afaedah dari tidurnya dan mendengarkan lantunan Al Qur'an. Allah SWT berfirman :

وَمِنْ اٰيٰتِهٖ مَنَامُكُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاۤؤُكُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّسْمَعُوْنَ

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS. Ar-Rum ; 23)

Puasa Permudah Menghafal Al Qur'an :

Ketika Anda berpuasa, upayakan untuk menyibukkan waktu Anda menghafal surah Al Qur'an yang sebelumnya Anda dengarkan berulang-ulang. Puasa dapat meningkatkan kekuatan responsif Anda sehingga Anda dapat menghafal Al Qur,an dengan mudah. Hal itu karena kekuatan cukup pada diri Anda dapat menjamin keinginan yang cukup pada diri Anda. Hal ini menunjukan bahwa Bulan Ramadhan merupakan waktu yang palin tepat untuk memulai menghafal Al Qur'an.

Tundukkan Kesulitan :

Kesulitan terbesar dalam menghafal Al Qur'an adalah karena Al Qur'an memiliki gaya bahasa unik yang berbeda sama sekali dengan gaya bahasa manusia. Karena itu, otak mendapat kesulitan untuk serasi dengan gaya bahasa yang baru itu. Namun demikian, begitu Anda mulai mendengarkan Al Qur'an dan merenungkan setiap ayat yang Anda dengarkan, disertai upaya memahami arti dan maksud ayat-ayat tersebut, kemudian And mendengarkannya berulang-ulang, Anda akan mendapatkan otak Anda beriteraksi dengan Al Qur'an dan Anda menjadi mudah untuk menhafal Al Qur'an.

Menghafal Secara Konsisten

Rasullullah SAW bersabda : "Setiap perbuatan pasti disertai niat...." Sementara perbuatan yang paling di sukai oleh Allah adalah perbuatan yang dilakukan secara konsisten atau kontinyu meskipun hanya sedikit. Upayakan setiap hari Anda menghafal beberapa ayat Al Qur'an, dan jangan sampai Anda tidak menghafal meskipun hanya satu hari karena alasan apapun. Niat Anda menghafal Al Qur'an harus semata-mata  untuk mengharap ridho Allah, untuk mendekatkan diri dengan-Nya, dan untuk mengenal Allah. Orang yang ingin mengetahui siapa Allah yang sebenarnya, hendaklah membaca kitab Allah, Al Qur'an.

Memprogram Otak Untuk Menghafal Al Qur'an

Para ilmuwan menegaskan, setiap suara yang didengar seseorang secara berulang-ulang dapat mengubah sistem kerja sel-sel otak.  Mendengarkan Al Qur'an berarti Anda mempersiapkan program sel-sel otak Anda agar sesuai dengan Al Qur'an bersama seluruh ajaran dan hukum-hukum yang dikandung Al Qur'an. Agar perubahan sistem kerja sel-sel otak menghasilkan perubahan yang positif, kita harus mendengarkan Al Qur'an dengan benar-benar khusuyuk. Hal itu sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT, dalam firmannya :

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

"Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al A'raf : 204)

Mengulang Hafalan Al Qur'an

Jangan lupa untuk senantiasa mendengarkan surah tertentu atau beberapa halaman Al Qur'an, lalu mendengarkan kembali berulang-ulang hingga Anda menghafalnya. Jika Anda sudah  menghafalnya, bacalah surah itu didalam solat. Pada malam hari, berwudhulah lalu laksanakan dua rekaat solat tahajud. Dalam solat itu, bacalah ayat/surah yang Anda hafalkan pada siang harinya. Anda kan merasakan kenikmatan yang laur biasa dan merasakan manisnya iman. Ulangi sekali lagi hafalan Anda sesaat sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Cara seperti itu dapat melekatkan hafalan  Anda di akal bagian dalam Anda sehingga tidak akan ada satupun ayat yang Anda lupakan. Selain itu, sebelum Anda tidur, renungkanlah ayat-ayat yang Anda baca. Hal itu dapat membeuka hati dan akal Anda.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai fase-fase menghafal Al Qur'an. Smoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang belajar menghafal Al Quran. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a Comment for "Fase-fase Menghafal Al Qur'an dengan Mudah"