Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Pahala Seperti Pahala Orang Puasa

Aflahsentosa.com - Cara Mendapatkan Pahala Seperti Orang Puasa. Bulan puasa/romadhon bulan yang penuh berkah. Pada Bulan Romadhon ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan amalan-amalan kebaikan lainnya, seperti tilawah/tadarus Al Qur'an, tarawih (Qiamullail), karena pada bulan romadhon amalan-amalan kebaikan kita pahalanya akan dilipatgandakan oleh Alloh, maka dari itu selagi kita masih menjumpai Bulan Romadhon mari rutinkan bersedekah dengan memberi takjil pada orang yang berpuasa.

Cara Mendapatkan Pahala Seperti Pahala Orang Puasa

Sebuah hadist menyebutkan bahwa "Barangsiapa memberi buka puasa orang yang sedang berpuasa maka dia mendapatkan pahala orang yang sedang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang tersebut. (HR. Tarmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Walaupun memberi takjil atau makanan pada orang berpuasa untuk berpuka puasa pahalanya sama dengan orang yang berpuasa, bukan berarti kita tidak berpuasa, karena puasa di Bulan Romadhon adalah hukumnya wajib bagi umat islam yang sudah baligh, walaupun demikian Allah memberikan Rukhsah. Dalam khazanah fikih, bentuk kelonggaran dalam ibadah ini disebut rukhsah yang secara bahasa bermakna keringanan atau kelonggaran. Pengertrian rukhsah dalam kaidah ushul fikih adalah keringanan bagi manusia mukallaf dalam melakukan ketentuan Allah SWT pada keadaan tertentu karena ada kesulitan. Beberapa ulama mendefisinikan rukhsah sebagai kebolehan melakukan pengecualian dari prinsip umum karena kebutuhan (al-hajat) atau keterpaksaan (ad-darurat).

Hukum rukhsah pada dasarnya adalah ibahah (dibolehkan) secara mutlak karena sekadar adanya kebutuhan atau karena keterpaksaan. Jika unsur kebutuhan sudah terpenuhi dan keterpaksaan sudah hilang, maka hukumnya kembali ke semula, yakni azimah (melakukan seuatu perbuatan seperti yang telah ditetapkan Allah SWT). Contoh azimah adalah berpuasa pada bulan Ramadhan wajib hukumnya bagi mukallaf, namun bisa menjadi rukhsah untuk orang yang sakit atau dalam perjalanan dengan menggantinya di hari lain.

Kembali ke pembahasan di atas, untuk memeperoleh pahala seperti pahalanya orang berpuasa dan tidak mengurangi maupun menghilangkan pahala bagi orang yang berpuasa, kita bisa memberikan takjil atau membagi-bagikan takjil menjelang berbuka puasa berupa makanan-makanan kecil, seperti gorengan, es buah, kolak pisang dan lain sebagianya. Kita bisa mengantar makanan takjil ke masjid-masjid / mushola di sekitar kita yang lagi ada tadarus Al Qur'an sambil menunggu berbuka puasa, sekalian kita mendengarkan orang atau anak-anak yang sedang tadrus membaca Al Qur'an, biar ikut dapat pahala dari bacaan Qur'an yang di bacanya. Atau kita bisa juga mengantarkan takjil ke masjid-masjid/mushola  terdekat yang sering di singgahi musafir.

Dalam membagikan takjil tidak harus banyak-banyak, sesuaikan kemampuan masing-masing dan niatkan ibadah karena Alloh dan kalau bisa rutinkan tiap hari selama bulan Romadhon.
Demikian semoga bisa menjadi renungan kita bersama dan untuk bisa di jalankan agar mendapatkan pahala dari Alloh SWT, Aamiin.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Pahala Seperti Pahala Orang Puasa"