Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempertahankan Imun Tubuh untuk Melawan Covid-19

Aflahsentosa.com - Cara Mempertahankan Imun Tubuh untuk Melawan Covid-19. Pada saat sekarang ini di Indonesia dan bahkan di beberapa Negara lainnya masih mengalami pandemic covid 19 yang belum tahu kapan pandemic covid 19 berakhir. Maka dari itu, disamping kita mematuhi protocol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah, kita juga harus bisa menjaga imun tubuh kita agar bisa kuat melawan virus covid 19 sebagai bentuk usaha kita dalam menjaga kesehatan agar terhindar dari virus covid 19, dan tentunya yang tidak kalah pentingnya sebagai orang beragama, kita harus berdoa pada Tuhan mohon keselamatan, kesehatan, agar di jauhkan dari virus covid 19.

Sebagai usaha kita dalam menjaga kesehatan atau mempertahankan imun tubuh, disini saya akan mengulas beberapa cara untuk menjaga imun tubuh untuk bisa melawan virus covid 19. Berikut ini ulasannya :

Cara Mempertahankan Imun Tubuh untuk Melawan Covid-19


1. Mengkonsumsi Makanan / Buah-buahan Bervitamin

Untuk melindungi atau mempertahankan system imun tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan ataupun buah-buahan yang mengandung vitamin. Salah satu vitamin untuk mempertahankan system imun tubuh kita yaitu vitamin C. Selain melindungi sistem kekebalan tubuh, vitamin C ini efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Ada beberapa makanan atau sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, diantaranya brokoli, papaya, jeruk, cabai. Disamping cabai dari rasanya yang pedas, cabai juga mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Selain kita mengkonsumsi vitamin C, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B komplek, vitamin E, zat besi, kalsium.

2. Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi

Untuk menjaga imun tubuh, disamping kita mengkonsumsi vitamin, kita juga harus mengkonsumsi makanan bernutrisi yang mudah di dapat di sekitar kita, misalakan ikan, ikan sarden, brokoli, kacang tanah, almond, telur, hati sapi, paprika, dan masih banyak lainnya.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Mangandung Zinc

Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang berfungsi dalam reaksi metabolisme tubuh. Kandungan mineral ini akan sangat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas agar tak masuk ke tubuh. Hal ini berhubungan pada fungsi utama zinc adalah sebagai antioksidan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc juga bisa meningkatkan ataupun menjaga system imun tubuh kita dalam melawan virus, seperti virus covid 19. Diantaranya makanan yang mengandung Zinc yaitu daging sapi, kerang, tiram, kepiting, kacang kacangan seperti kacang tanah, mede, almond, telur, susu, keju, dll.

4. Menjaga Kebersihan

Untuk menjaga imun tubuh, kita juga harus bisa menjaga kebersihan, karena kesehatan tubuh kita juga harus di dukung kebersihan disekitar kita. Pada masa pandemic covid 19 ini kita harus bisa menjaga kebersihan seperti kebiasan sering mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

5. Olahraga Yang Cukup

Disamping mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, vitamin dan zinc, dalam menjaga atau mempertahankan sistim imun tubuh kita, kita juga harus berolahraga dengan cukup. Tidak harus berolahraga yang menguras tenaga, kita bisa juga jalan kaki / jogging maupun senam yang dilakukan secara rutin.

6. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga bisa menjaga sistim imun tubuh kita. Setidaknya, tubuh kita membutuhkan waktu istirahat dengan tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Dengan begitu, kita bisa terus menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi stress untuk kesehatan mental kita. Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

7. Jangan Lupa Bahagia

Dengan kita merasa bahagia, senang, gembira juga bisa meningkatkan atau menjaga sistim imun tubuh kita. Orang yang lebih sering menggerutu atau mengeluh cenderung lebih sering mengalami sakit, beberapa penelitian pun mendukung hal ini. Terlihat bahwa seseorang yang bahagia akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Manfaat bahagia bagi kesehatan penting biar tidak gampang sakit.
Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Aamiin

Post a Comment for "Cara Mempertahankan Imun Tubuh untuk Melawan Covid-19"