Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Transistor Final Panas Sebelah dan Cara Mengatasinya

Aflahsentosa.com - Penyebab Transistor Final Panas Sebelah dan Cara Mengatasinya. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga sobat semua dalam keadaan yang terbaik dan selalu dalm lindungan Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Jumpa lagi dengan aflahsentosa.com yang pada kesempatan kali ini akan berbagi mengenai penyebab transistor final pada power amply panas sebelah baik itu pada transistor final jenis PNP maupun transistor final jenis NPN. Dan pada kesempatan sebelumnya atau pada postingan sebelumnya aflahsentosa.com sudah berbagi mengenai Penyebab Transistor Final Pada Power Amply Cepat Panas.

Sebenarnya merakit komponen elektronika menjadi sebuah kit / rangkaian semisal power amply yang menggunakan transistor final bisa dibilang gampang-gampang susah, walaupun dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman dalam merakit komponen elektronika, bukan kesalahan pada saat merakitnya/memasang komponen pada papan PCB, akan tetapi kwalitas dari komponen itu sendiri yang kurang bagus terkadang membuat hasilnya tidak seperti yang di harapan. Dan kita akan mengetahui hasilnya apabila rangkaian elektronika sudah jadi dan sudah dilakukan pengujian (Quality Control).

Penyebab dari transistor final pada power amply panas sebelah, baik itu pada jenis transistor final jenis NPN maupun PNP, ada beberapa faktor penyebabnya. Karena pada normalnya baik itu transistor final jenis NPN maupun PNP panasnya harus sama / seimbang.


Penyebab Transistor Final Panas Sebelah dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan transistor final pada amplifier panas sebelah :

1. Penyebab transistor final pada power ampli panas sebelah, bisa disebabkan karena ketidak seimbangan tegangan bias yang menuju pada transistor final jenis NPN maupun jenis PNP pada sebelah kanan / kiri.

Solusinya apabila penyebab transistor final panas sebelah disebabkan karena tegangan bias yang menuju transistor final tidak seimbang, maka bisa di atur tegangan biasnya dengan memutar trimpot yang ada pada driver power ampli, apabila driver power amplinya yang di pakai jenis OCL 504 yang sudah ada trimpotnya.

2. Penyebab transistor final pada power ampli panas sebelah, bisa juga disebabkan karena transistor VAS (Voltage Amlifier Stage) seperti transistor BD139 / BD140 kwalitasnya kurang bagus atau short ataupun kinerja dari transistor vas sudah menurun.

Solusinya apabila penyebab transistor final panas sebelah disebabkan karena kwalitas dari transistor vas yang kurang bagus ataupun transistor vas short, maka transistor harus di ganti dengan kwalitas yang lebih bagus lagi dan tidak short.

3. Penyebab transistor final pada power ampli panas sebelah, bisa jadi disebabkan karena transistor final itu sendiri yang kwalitasnya kurang bagus, sehingga ada salah satu transistor final yang cepat menurun kinerjanya. Atau transistor final yang di gunakan pada bagian R atau L beda merk atau serinya, tetapi masih sama-sama transistor final.

Solusinya coba ganti transistor final yang kwalitas lebih bagus dan merk serta seri yang sama untuk jenis NPN dan PNP

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai Penyebab Transistor Final Panas Sebelah dan Cara Mengatasinya, semoga menjadi referensi bagi sobat yang hobby otak-atik perangkat elektronika khususnya power ampli. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a comment for "Penyebab Transistor Final Panas Sebelah dan Cara Mengatasinya"