Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab NCB listrik Jeglek, Ketika Kulkas Dicolokkan ke Stop Kontak Listrik

Aflahsentosa.com - Penyebab NCB listrik jeglek, ketika kulkas dicolokkan ke stop kontak listrik. Ada beberapa kasus kerusakan pada kulkas di antaranya adalah kulkas nyala terus menerus pada saat kabel AC kulkas terhubung ke stop kontak listrik, kulkas tidak bisa secara otomatis mati/kompresor tidk bekerja, dll. Ada juga kerusakan kulkas pada, saat kulkas di nyalakan kabel AC di colokkan pada stop kontak listrik, NCB listrik langsung anjlok/listrik padam, padahal kekuatan amper / tegangan pada NCB listrik lebih besar dari tegangan kulkas dan NCB masih bagus/normal.

Secara pemikiran orang awam seperti saya, apabila kulkas di colokkan pada listrik dan NCB pada meter listrik langsung anjok/jeglek/listrik mati pasti ada yang konslet, entah itu hubungan pendek pada jalur kabel input AC atau rangkaian / komponen pada kulkas ada yang konslet.
Apabila sobat menjumpai kerusakan kulkas seperti yang saya sampaikan di atas, secara garis besar ada dua permasalahan yang harus dicek, seperti pengalaman yang pernah saya alami ketika memperbaiki kulkas pada saat dinyalakan/dicolokkan pada stop kontak listrik, listrik langsung mati NCB pada meter listrik langsung jeglek.

Penyebab NCB listrik Jeglek, Ketika Kulkas Dicolokkan ke Stop Kontak Listrik

1. Cek Kabel, Terutama Pada Kabel Jalur Input Listrik
Pada beberapa kasus yang pernah saya jumpai, kulkas pada saat dinyalakan/dicolokkan pada stop kontak listrik, listrik langsung mati NCB pada meter listrik langsung jeglek, dikarenakan ada hubungan pendek pada kabel input listrik yang terkelupas bagian isolator karena gigitan tikus atau kecoa, sehingga bagian konduktor kabel listrik jadi terhubung/konslet yang menjadikan NCB meter listrik jeglek/listrik padam.

2. Cek Komponen Overload Kulkas
Overload kulkas (pengaman kompresor), komponen overload dan relay, biasanya menempel pada tabung kompresor dan ditutupi seperti kotak, yang menempel pada tabung kompresor. Apabila overload rusak/konslet maka, bisa menyebabkan NCB meter listrik jeglek/listrik mati.

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan, semoga bisa menjadi referensi sobat yang sedang menjumpai kerusakan kulkas seperti di atas. Semoga bermanfaat, Aamiin.
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Penyebab NCB listrik Jeglek, Ketika Kulkas Dicolokkan ke Stop Kontak Listrik"