Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kulkas Nyala Terus

Aflahsentosa.com - Cara Memperbaiki Kulkas Nyala Terus. Hallo Apa kabar sobat semua....? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Selamat datang di blog aflahsentosa.com, blog gado-gado yang sangat sederhana yang membahas seputar elektronik dan trouble shooting nya, computer, dan informasi lainnya yang sekiranya bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai pengalaman saya dalam memperbaiki kulkas yang nyala terus sehingga kulkas dingin terus, kompresor tidak mau mati ketika suhu dingin di dalam kulkas sudah mencapai ukuran yang ditentukan.
Walaupun sebenarnya basic saya servis elektronika mengenai permasalahan video audio atau sering servis tv, dan belum pernah mengikuti pelatihan secara khusus membahas kerusakan kulkas, dan ada garapan untuk memperbaiki kulkas dengan kerusakan yang sudah saya sampaikan di atas, saya sanggupi saja untuk menambah pengalaman. Langsung saja saya cek kulkas, kulkassudah dalam keadaan bersih tidak ada makanan/buah-buahan yang di simpan, dan  di dalam freezer juga bersih sudah tidak ada salju/bunga es/sisa es yang membeku.

Saya lihat gambar diagram kulkas, stiker gambar diagram masih menempel pada bagian belakang kulkas Panasonic 1 pintu, saya amati gambar rangkainnya dan ambil kesimpulan penyebab kulkas nyala terus adalah thermostat atau relay nya yang sudah tidak berfungsi, sehingga relay tidak bisa memutus/menyambung arus menuju ke kompresor secara otomatis atau thermostat sudah tidak berfungsi untuk mengontrol suhu di dalam kulkas, karena sesuai gambar diagram, relay menempel pada tabung kompresor. Benar saja, pada tabung kompresor terdapat tutup kotak yang menempel pada kompresor dan saya buka tutup kotak ada 2 komponen yang menempel pada tabung kompresor, dan langsung saja kedua komponen yang menempel pada tabung kompresor saya ganti semua dengan yang baru, karena saya kira kedua komponen itu relay sama thermostat. Setelah komponen yang menempel pada tabung kompresor saya ganti semua dan pemilik kulkas saya minta untuk menghidupkan kulkasnya, ternyata setelah kulkas di nyalakan seharian, kulkas masih tetap nyala terus/kulkas belum normal, otomatisnya belum bekerja.

Karena kulkas masih nyala terus tidak otomatis mati sesuai suhu yang sudah di atur, dan yang punya kulkas pun menyampaikan ke saya kalau kulkasnya masih nyala terus seperti semula. Saya langsung ke TKP buka kulkasnya dan bongkar kotak yang ada di dalam kulkas yang ada lampunya, saya ambil komponen didalamnya yang terdapat kawat panjang dan putaran stelan suhu, dan saya lepas dari papannya selanjutnya saya lasung pergi ke toko onderdil elektronik untuk membeli komponen yang saya lepas tadi, dan kebetulan di toko komponen lektronik langganan saya komponen yang saya lepas tadi ada, dan saya baru tahu kalau komponen yang di dalam kulkas  Panasonic 1 pintu, yang terdapat stelan suhu dan kawat ternyata itu yang namanya Thermostat kulkas. Setelah thermostat saya ganti yang baru, dan minta yang punya kulkas untuk menyalakan kulkasnya, bisa berhasil apa tidak, kulkas masih nyala terus apa mati sesuai suhu yang sudah di atur. Setelah beberapa jam, yang punya kulkas telpon saya, bahwa kulkasnya sudah normal bisa nyala dan mati apabila suhu sudah mencapai suhu yang di atur. Alhamdulillah dengan demikian saya sudah dapat ilmu, apabila menjumpai kerusakan kulkas Panasonic 1 pintu nyala terus dan dingin terus.


Setelah kejadian itu, kulkasnya sudah bisa normal, lalu saya browsing di internet mengenai komponen yang terdapat pada kulkas, ternyata perkiraan saya kalau 2 komponen yang menempel pada tabung kompresor adalah relay dan thermostat, ternyata kurang tepat. Ternyata Thermostat kulkas panasonic 1 pintu tempatnya berada di dalam kulkas dikotak yang ada lampunya, sedangkan yang menempel pada tabung kompresor Relay dan Overload kulkas. 


Demikian yang bisa saya bagikan mengenai pengalaman saya, memperbaiki kulkas Panasonic 1 pintu, semoga menjadi referensi bagi sobat yang hobby elektronik dalam memperbaiki kulkas panasonic 1 pintu yang nyala terus. Semoga bermanfaat, Aaamiin

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kulkas Nyala Terus"