Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berbisnis

Aflahsentosa.com - Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berbisnis. Assalamu'alaikum, apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Pada kesempatan sore hari ini sambil menunggu waktu berbuka puasa, karena pada hari ini bertepatan dengan bulan Ramadhan 1441H dengan suasana pandemi corona yang belum hilang di Negeri ini, walaupun masih adanya pandemi corona, semoga tidak menyurutkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini. Pada postingan kemarin aflahsentosa.com telah berbagi mengenai Penyebab Orang Sulit Sukses, dan pada kesempatan sore hari ini aflahsentosa.com akan kembali berbagi mengenai Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berbisnis.

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berbisnis

Mungkin diantara sobat sekalian ada yang ingin membuka bisnis, tetapi masih bingung mulai dari mana ? Berikut ini akan saya sampaiakan hal yang harus diperhatikan/disiapkan sebelum berbisnis :

1. Produk Yang Akan Ditawarkan Memiliki Keunikan
Apabila akan membuka bisnis berjualan suatu produk, usahakan produk yang akan ditawarkan mempunyai keunikan atau ciri khas sendiri untuk membedakan dari bisnis serupa yang sudah ada. Misalkan dengan cara berinovasi dari segi bentuk/tampilan, warna, dan kemasan. Apabila bisnis makanan ringan untuk cemilan, bisa berinovasi dengan berbagai varian rasa, bentuk/tampilan, dan kemasan yang menarik.

2. Produk Yang Ditawarkan Menjadi Jawaban Atas Kebutuhan Pasar
Sebelum membuka sebuah usaha, mungkin bisa mengadakan survey atau cari informasi dari masyarakat kira-kira apa yang sedang dibutuhkan/perlukan. Dengan kita mengetahui apa yang sedang masyarakat perlukan, ini bisa menjadi peluang kita untuk membuka bisnis dengan menawarkan produk yang masyarakat perlukan.

3. Selain Modal Dana/Uang, Modal Nekat Juga Diperlukan
Dalam membuka sebuah bisnis, disamping modal dana/keuangan, modal nekat juga perlu. Karena walaupun modal dana sudah kumpul, cukup, tempat juga sudah ada, produk bisnis juga sudah terfikirkan, tetapi apabila tidak nekat untuk terjun bisnis, bisnis tidak akan bisa jalan hanya sebagai angan-angan. Kita akan mengetahui bisnis akan berhasil/gagal kalau sudah mencobanya. Ayo, kalau semua modal sudah siap, mulai bisnis jangan takut gagal.

4. Usahakan Jadi Pencipta Jangan Peniru
Agar bisnis yang dijalankan mempunyai keunikan sendiri, usahakan untuk menciptakan sebuah produk tersendiri dengan ciri khas. Walaupun sebenarnya tidak ada masalah misalkan menjual produk yang sedang booming yang sudah banyak yang menjual, tetapi usahakan untuk berinovasi untuk membedakan dengan yang lainnya.

5. Jaga Kwalitas Produk
Menjaga kwalitas produk perlu dilakukan agar konsumen yang telah berlangganan membeli produk yang kita jual tidak merasa kecewa yang dikarenakan kwalitasnya menurun. Ketika bisnis sudah banyak peminatnya jangan hanya memikirkan kuantitas tetapi harus dipertahankan kwalitasnya, karena konsumen akan setia dan menjadi pelanggan, apabila kwalitas produk tetap dijaga dengan baik.

6. Manfaatkan Teman-teman Sekitar
Hal ini juga tidak kalah penting dalam berbisnis, karena kita bisa memanfaatkan teman-teman sekitar kita / relasi untuk membeli produk yang kita jual dan minta tolong pada mereka untuk mempromosikan produk secara gratis.

Demikian diantaranya hal yang perlu dipersiapkan sebelum berbisnis, walaupun mungkin hal ini ada yang sulit dikerjakan, tetapi setidaknya bisa memberi gambaran apabila akan mulai berbisnis dengan serius. Semoga bermanfaat, Aamiin

Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berbisnis"