Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian Charger Sederhana Dengan lampu Indikator Charger

Aflahsentosa.com - Rangkaian Charger Sederhana Dengan lampu Indikator Charger. Hallo apa kabar kawan...? Semoga lagi yang terbaik. Aamiin. Jumpa lagi dengan blog aflahsentosa yang sangat sederhana ini. Pada postingan yang lalu aflahsentosa.com sudah memposting atau berbagi Cara Membuat Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full, dan pada kesempatan kali ini akan berbagi lagi masih mengenai charger, tetapi untuk kali ini rangkaian charger lebih sederhana lagi dengan beberapa komponen saja dan dilengkapi dengan lampu indikator pengisian/charger. Lampu indikator pengisian ini akan menyala apabila digunaakan saat charge dan apabila charge tidak masuk, maka lampu tidak menyala.


Rangkaian charge ini karena menggunakan trafo 1 ampere CT dengan volt yang digunakan 12 volt, maka paling cocok untuk charge accu ukuran kecil maksimal 12 volt atau bisa untuk charge battery yang bisa dicas ulang. Tetapi apabila sobat mau digunakan untuk charge accu yang lebih besar lagi ampernya, maka sobat bisa ganti rangkaian charge ini dengan trafo yang ampernya lebih besar lagi, misalkan 10 amper, dan ukuran diodanya di ganti sesuaikan udengan amper trafonya biar kuat dan dioda tidak cepat panas/putus.

Berikut ini daftar komponen rangkaian charger sesuai gambar di atas :
Trafo       : 1 Ampere CT 12 Volt
D1 - D3   : Dioda penyearah 1 ampere
LED        : Merah dan Hijau (Merah untuk power, Hijau untuk indikator pengisian)
C1           : Elco 1000mF / 50 Volt
R1           : Resistor 1 Kilo Ohm
R2           : Resistor 68 Ohm - 1k ohm
R3           : Resistor 22 Ohm

Apabila lampu indikator pengisian full sering putus apabila saat pengisian/charge, coba ganti R3, apabila menggunakan resistor 68 ohm lampu led indikator pengisian sering putus, coba ganti dengan resistor 1k ohm atau ganti resistor dengan yang lebih besar ohm nya.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Rangkaian Charger Sederhana Dengan lampu Indikator Charger, semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Rangkaian Charger Sederhana Dengan lampu Indikator Charger"