Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full

Aflahsentosa.com - Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full. Apa kabar sobat….? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Jumpa lagi dengan blog aflahsentosa.com. Pada kesempatan kali ini, aflahsentosa.com akan berbagi cara membuat charger otomatis dengan lampu indikator full. Apabila sobat ingin membuatnya, komponen pada rangkaian charger ini sangat mudah di dapat/beli dan harganyapun bisa terjangkau, paling yang sedikit mahal trafonya, itupun tergantung sobat mau beli trafo yang bagus atau trafo yang biasa/standar dan ekonomis.

Apabila sebelumnya sobat sudah mempunyai power supply adaptor yang menggunakan trafo 5 Amper dengan tegangan out ada 18 Volt, sobat tinggal membuat rangkaian chargernya saja, dan pada input charger 18 volt tinggal disambung dengan tegangan output 18 volt dari adaptor yang sudah jadi. Kalau sobat belum punya adaptor dan mau sekalian membuat untuk charger, pakai trafo 3 Amper pun bisa saja hanya saja pengisian bisa lebih lama dibanding apabila menggunakan trafo yang 5 Amper atau lebih. Apabila sobat mau menggunakan trafo lebih dari 5 Ampere misalnya 10 Amper itu malah lebih bagus, karena pengisian/charger akan cepat full. Dibawah ini gambar rangkaian charger otomatis dengan indikator lampu pengisian full apabila pengisian/charger battery / accu pengisian sudah full, maka lampu indikator full warna hijau akan menyala.

Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full

Berikut Ini Daftar Komponen Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full :

1. Trafo 5 Ampere dengan tegangan 18 Volt
2. D1 : Dioda penyearah 1 Ampere
3. D2 – D5 : Dioda penyearah 5 Ampere
4. DZ : Dioda Zener 13,8 Volt
5. TR 1      : Transistor TIP 41
6. TR 2      : Transistor C9013
7. R1 : Resistor 1K5 Ohm
8. R2 : Resistor 3R9 (1 Watt)
9. R3 : Resistor 10K
10. LED    : Hijau dan Merah

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai cara membuat charger dengan lampu indikator full warna hijau menyala sebagai pertanda pengisian accu/battery sudah full dan apabila sobat ingin membuat charger yang lebih sederhana lagi sudah saya bagikan di blog ini. Selamat mencoba dan eksperimen, semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Rangkaian Charger Otomatis Dengan Lampu Indikator Full"