Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Agar Tulisan Hasil Copynya Lebih Jelas (Hitam)

Aflahsentosa.com - Cara Setting Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Agar Tulisan Hasil Copynya Lebih Jelas (Hitam). Jumpa lagi dengan blog aflahsentosa.com yang sangat sederhana. Pada postingan yang lalu aflahsentosa.com telah berbagi mengenai Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan. Dan pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi kembali masih mengenai mesin foto copy canon iR 1024iF yaitu untuk kali ini Cara Setting Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Agar Tulisan Copynya Lebih Jelas (Hitam). Kadang kita menjumpai tulisan pada kertas hasil copy annya kurang jelas / kurang hitam, walaupun ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tulisan hasil foto copy nya kurang jelas padahal master dokumen yang di foto copy tulisannya jelas. Diantara faktor penyebab hasil copy nya kurang jelas diantaranya karena kerusakan atau error pada OPC Drum, Fixing Film, Magnet pada Developing Unit, Toner, dll.

Pada pembahasan ini, saya tidak akan membahas mengenai kerusakan pada  OPC Drum, Fixing Film, Magnet pada Developing Unit, Toner, dll. Dalam pembahasan ini anggap saja OPC Drum, Fixing Film, dll semuanya bagus/normal, tetapi yang akan saya bahas mengenai cara setting agar tulisan hasil copy mesin foto copy canon iR 1024iF hasilnya lebih jelas/hitam dengan menu setting yang terdapat pada canon iR 1024iF.

Cara Setting Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Agar Tulisan Hasil Copynya Lebih Jelas (Hitam)

Berikut cara setting Mesin foto copy Canon iR 1024iF agar hasil Copy annya lebih jelas/lebih hitam:

1. Nyalakan mesin foto copy canon iR 1024iF hingga layar pada layar display menyala muncul tulisannya, dan untuk mengatur posisi laci kertas yang mau di gunakan laci A4 atau Folio (F4) bisa gunakan tombol menu seperti gambar di bawah ini :


2. Setelah mesin foto copy nyala dan memilih kertas yang mau digunakan untuk foto copy, langkah selanjutnya setting dengan menekan tombol dengan simbol lingkaran separo putih/hitam "DENSITY" hingga muncul tulisan "AUTO DENSITY" pada layar display seperti gambar berikut :


3. Apabila pada layar display sudah muncul tulisan "AUTO DENSITY" langkah selanjutnya pencet Tombol Plus (+) berada di bawah layar display, hingga muncul tanda kotak-kotak berjajar, seperti gambar berikut :


4. Apabila sudah muncul tanda kotak-kotak berjajar seperti gambar langkah 3 di atas, langkah selanjutnya pencet lagi Tombol Plus (+) untuk mengatur tingkat ketajaman hasil copy atau kehitaman pada tulisan hasil copy annya, sesuai yang di inginkan, seperti gambar berikut posisi tanda kotak hitam berjajar full, dengan demikian berarti settingan agar hasil copy annya jelas / hitam sudah maksimal.


5. Langkah selanjutnya apabila sudah di setting tingkat ketajaman seperti gambar di atas pada langkah 4, untuk langkah selanjutnya tekan Tombol OK seperti gambar berikut :


6. Apabila mesin foto copy sudah di setting, pada layar display mesin foto copy canon iR 1024iF muncul tulisan seperti semula pada langkah 1, hanya saja pada langkah 1 belum di setting untuk pengaturan ketajaman tulisan hasil copy, jadi tanda kotak-kotak kecil berjajar belum ada, masih tanda A (Automatic) masih standar. Sedangkan pada langkah 5 setelah mesin di setting sudah ada tanda kotak kecil berjajar dengan tanda kotak hitam pada ujungnya. Dengan demikian mesin foto copy sudah bisa di coba utuk foto copy dan lihat hasil copy annya dan seharusnya hasil copy annya akan lebih jelas/hitam. Lihat Tutorial Video Berikut Ini :


Apabila mesin foto copy sudah di setting seperti langkah-langkag di atas, tetapi hasilnya masih sama seperti belum di setting untuk ketajaman hasil copy annya masih kurang dan tulisannya masih belum jelas/hitam, ada kemungkinan bagian OPC Drum, Fixing Film, Magnet pada Developing Unit, Toner, dll ada yang tidak beres / error dan perlu di servis tingkat lanjut oleh ahlinya atau ganti diantaranya OPC Drum, Fixing Film, Magnet pada Developing Unit, Toner, yang rusak / error.

Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang merintis buka layanan foto copy / copy center dan menggunakan mesin foto copy Canon iR 1024 atau Canon iR 1024iF seperti punya saya, apabila menjumpai hasil copy annya kurang jelas, bisa lakukan langkag-langkah seperti di atas sebelum mengundang tukang servis foto copy / ahlinya. Mesin foto copy ini cocok untuk pemula yang mau buka layanan foto copy khususny di pedesaan, karena harganya relatif murah. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Setting Mesin Foto Copy Canon iR 1024iF Agar Tulisan Hasil Copynya Lebih Jelas (Hitam)"