Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Foto Copy canon iR 1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan

Aflahsentosa.com - Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Foto Copy canon iR 1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi mengenai Cara Mengatasi Mesin Foto Copy canon iR1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dihidupkan/dinyalakan, bila di amati suaranya seperti suara mesin “Senso” yang biasa digunakan untuk menebang pohon. Kerusakan mesin foto copy canon iR1024iF seperti ini pernah saya alami pada mesin foto copy saya. Pada awalnya saya tidak tahu kerusakan foto copy seperti ini pada bagian mananya, akhirnya saya menghubungi tekhnisi mesin foto copy langganan saya yang biasa datang kerumah untuk memperbaiki mesin foto copy, tetapi tekhnisi foto copy langganan saya tidak bisa datang untuk memperbaiki mesin foto copy saya, karena di bengkel servis foto copy miliknya lagi banyak garapan mesin foto copy.

Setelah saya menghubungi tekhnisi foto copy langganan saya, dengan saya sampaikan permasalahan beserta video mesin foto copy saat pertama dinyalakan, karena dia tidak bisa datang, dia hanya menyampaikan kerusakan foto copy canon iR1024iF bunyi gemrotok saat dihidupkan biasanya karena sudah terlalu banyak limbah toner pada drum unit tempat limbah toner dan limbah toner harus di buang. Selanjutnya saya lepas drum unit dari mesin foto copy dan saya buang limbah tonernya dan tempat limbah toner/drum unit saya sembur pakai kompresor agar bersih dari limbah toner. Setelah limbah toner pada drum unit saya buang dan sudah bersih, drum unit saya pasang kembali pada mesin foto copy, setelah drum unit terpasang dengan baik/benar, mesin foto copy coba saya nyalakan / hidupkan, tetapi belum berhasil, Mesin Foto Copy canon iR1024iF masih Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan seperti video dibawah ini :


Setelah limbah toner saya buang dari tempat limbah pada drum unit dan belum membuahkan hasil, Mesin Foto Copy canon iR1024iF masih Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan, saya pun menghubungi kembali tekhnisi mesin foto copy langganan saya, dan Dia menyampaikan kembali apabila limbah toner sudah di buang tetapi Mesin Foto Copy canon iR1024iF masih Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan ada kemungkinan pada Developing Unit macet. Karena tekhnisi mesin foto copy lagi sibuk tidak bisa dating, akhirnya saya memberanikan diri untuk membongkar Developing Unit yang sebelumnya sudah cari / lihat video di youtube tutorial cara membuka Developing Unit. Awalnya tidak berani membuka developing karena takut lupa memasang kembali roda-roda gigi yang dilepas pada developing.


Berbekal video dari youtube tutorial cara membuka developing unit, saya beranikan untuk membongkarnya, toh apabila tambah rusak atau tidak bisa memasang kembali developing unit, mesin foto copy milik sendiri untuk mal praktek. Setelah developing dikeluarkan dari mesin foto copy, coba bongkar developing terutama pada bagian tempat gear/roda gigi, lalu bersihkan roda gigi satu persatu dari kotoran-kotoran toner yang menempel, agar lebih bersih lagi dan sisa-sisa toner hilang bisa di sembur / menggunakan kompresor.


Setelah gear/roda gigi yang terdapat pada developing unit dibersihkan, serta sisa-sisa toner yang menempel pada magnet dan pada tampungan toner dibawah magnet dibersihkan sembur menggunakan kompresor, kira-kira developing unit sudah bersih, developing unit saya pasang kembali pada mesin foto copy, dan coba nylakan/hidupkan  Alhamdulillah mesin foto copy bisa kembali normal tidak ada suara gemrotok seperti mesin “senso”, mesin bisa untuk copy. Mesin foto copy canon iR1024iF selain bisa untuk copy juga bisa untuk scane warna bisa ukuran folio/F4, dll.

Dari uraian di atas, apabila Mesin Foto Copy canon iR1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan seperti suara mesin “senso” dalam mengatasinya bisa disimpulkan sebagai berikut :

1. Buang limbah toner yang terdapat pada drum unit dan bersihkan dengan disembur atau menggunakan kompresor.
2. Bersihkan bagian developing unit terutama pada bagian gear, karena apabila pada bagian gear terdapat kotoran toner yang menempel bisa menyebabkan kemacetan sehingga developing tidak bisa berfungsi dengan semestinya.
Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai kerusakan pada mesin foto copy iR1024iF, semoga bisa menjadi referensi dan semoga bermanfaat. Aamiin.
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Foto Copy canon iR 1024iF Bunyi Gemrotok Saat Dinyalakan"