Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV LG Slim Layar Bagian Atas Bergaris

Cara Mengatasi Layar TV LG Slim Layar Bagian Atas Bergaris

Ok, sobat. Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengatasi TV LG Slim 21 inchi suara dan gambar normal, tetapi pada layar bagian atas sekitar 5 cm terdapat garis-garis.
Ceritanya begini….. Kemarin saya mendapati kerusakan TV LG Slim dengan gejala saat TV di nyalakan lampu power TV nyala dan terdengar suara flyback bekerja ketika TV start on, tetapi layar gelap, dari penjelasan yang punya TV, saat TV lagi di tonton awalnya layar TV menciut dan terdapat garis melintang pada TV dan langsung layar gelap. Dari informasi pemilik TV yang di ceritakan ke saya, saya sudah bisa menduga dan ambil kesimpulan kalau kerusakannya pada bagian vertikalnya, karena pada saat TV datang, saya lagi sibuk mengerjakan TV yang lain jadi tidak bisa langsung menangani/membuka TV LG slim tersebut.

Dan pada keesokan harinya TV saya buka tutup belakangnya dan saya amati pada blog TV bagian vertikal, benar saja dugaan saya ada salah satu kaki IC Vertikal yang lepas solderannya. Setelah saya solder, dan juga solder ulang bagian komponen lainnya pada bagian blog vertical, TV langsung saya nyalakan dan alahamdulillah TV bisa nyala normal dalam artian warna, gambar dan suara keluar dengan normal, tetapi pada layar TV bagian atas kira-kira 5 cm terdapat garis-garis mendatar. Biasanya jika pada sebagian layar TV layarnya yang bergaris itu di sebabkan ada ELCO bagian blog vertical ada yang kering atau swak jadi kinerja dari elco tersebut sudah tidak maksimal. Langsung saja elco-elco di daerah blog vertikal yang saya duga kering/swak, saya cabut yaitu elco 100uF/35v, elco 47uF/16v dan elco 1uF/50v dan saya ganti semua elco yang saya cabut dan TV saya nyalakan Alhamdulillah TV bisa nyala dengan normal, layar bagian atas yang semula terdapat garis-garis mendatar sudah tidak ada/hilang. Tetapi apabila TV layar bagian atas bergaris sudah ganti elco pada bagian blog vertikal tetapi garisnya belum hilang, kemungkinan IC vertikalnya sudah lemah kinerjanya/error cb ganti IC vertikal yang baru.


Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi sobat yang hobby elektronik yang sedang belajar mensevis TV seperti saya. Terimakasih

2 komentar untuk "Cara Mengatasi TV LG Slim Layar Bagian Atas Bergaris"

  1. mF itu gede bos, artinya mili farad, kalau uF baru kecil microFarad, nanti orang salah artikan yg dicari mF tpi gx ada di mesin tv trsebut

    BalasHapus
  2. Terimakasih mas, atas koreksinya dan sudah memberi penjelasan. Indahnya berbagi

    BalasHapus