Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat-Tempat Wisata Di Wonosobo

Aflahsentosa.com - Tempat-tempat Wisata Terindah Di Wonosobo. Secara Geografis Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, terletak antara 7°. 11’. 20” sampai 7°. 36’. 24” garis lintang selatan (LS), serta 109°. 44’. 08” sampai 110°. 04’. 32” garis bujur timur (BT), Kabupaten Wonosobo berjarak 120 Km dari Ibu Kota Jawa Tengah (Semarang) dan 520 Km dari Ibu Kota Negara (Jakarta), berada pada rentang 250 dpl – 2.250 dpl dengan dominasi rentang 500 dpl – 1.000 dpl sebesar 50 persen dari seluruh areal, menjadikan ciri dataran tinggi sebagai wilayah Kabupaten Wonosobo dengan posisi special berada di tengah-tengah Pulau Jawa dan berada di antara jalur pantai utara dan jalur pantai selatan. Jaringan Jalan Nasional ruas jalan Buntu – Pringsurat memberi akses dari dan menuju dua jalur strategis nasional.

Dengan letak geografis yang demikian, Kabupaten Wonosobo mempunyai banyak lokasi wisata yang terindah baik itu obyek wisata perkebunan atau agro wisata, dataran tinggi seperti dataran tinggi dieng dengan panorama indah, curug-curug atau air terjun, dan juga wisata bendungan, dll.
Berikut 15 Tempat Wisata Terindah Di Wonosobo Yang Wajib Di Kunjungi yang dapat saya bagikan lewat postingan ini.

1. Alun-alun Kota Wonosobo
Alun-alunKota Wonosobo tepat di jantung Kota Wonosobo. Bagi sobat semua yang berkunjung ke Wonosobo dan mau menuju ke Dieng untuk menyaksikan keindahan alam dan dinginnya udara Dieng, jangan buru-buru menuju ke Dieng, alangkah baiknya beristirahat dulu sambil duduk-duduk menikmati taman di sekitar Alun-alun kota Wonosobo yang ASRI sambil mencicipi makanan tradisionan seperti Mie Ongklok, Cireng, Batagor, Siomay, tempe kemul, dll. Disekitar Alun-alun Kota Wonosobo juga dekat dengan Kantor Pos yang sampai sekarang masih terdapat kotak pos surat peninggalan Kolonial Belanda. Dan sobat yang mau transaksi perbankan di dekat Alun-alun juga terdapat Gedung Bank BRI, Bank Jateng. Dan juga disekitar Alun-alun kota Wonosobo terdapat Gereja, dan Masjid Jami’, sertu Perpustakaan Daerah.

Alun-alun Wonosobo - WonosoboZone

2. Kolam Renang Mangli
Setelah puas menikmati keindahan taman Alun-alunkota Wonosobo dan menikmati jajanan kuliner tradisional, apabila sobat ingin merasakan dingin dan segarnya air yang langsung dari pegunungan, sobat bisa melanjutkan perjalanan ke Kolam Renang Mangli yang tidak jauh dari Alun-alunkota Wonosobo, tepatnya di Desa Kenteng, Kejiwan, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten. Sumber air kolam renang mangli ini juga menjadi sumber produk air minum mineral kemasan ternama di Indonesia

Kolam Renang Mangli

3. Pemandian Kali Anget
Setelah puas merasakan segarnya air pegunungan langsung di kolam renang mangli, dan sobat ingin merasakan air hangat / berendam di kolam renang air hangat, sobat bisa melanjutkan perjalanan di kolam renang Kali Anget dan berendam di kolam renang Kali Anget untuk melepas lelah dan merilekskan otot-otot tubuh. Lokasinya tidak jauh dari kota Wonosobo tepatnya di Jalan Raya Wonosobo-Dieng Km. 3, Wonosobo. Wonosobo merupakan daerah yang vulkanik aktif sehingga memiliki titik sumber air panas, salah satunya ada di Kali Anget yang airnya di salurkan ke Pemandian Kali Anget. Air hangat yang mengandung belerang terasa sangat menyegarkan di tengah udara dingin yang menyelimuti Wonosobo. Selain itu, berendam di kolam air hangat Kali Anget yang mengandung beleranag ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, kulit lho. Nggak hanya itu, Sobat juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas lainnya disini, seperti lapangan tenis, lapangan bola, taman bermain, dan hutan kota. Selain terdapat kolam pemandian air hangat, disini juga terdapat kolam renang iar dingin. Dan juga jajanan kuliner khas Wonosobo.

Pemandian Kali Anget

4. Telaga Menjer
Setelah puas berendam di kalianget, sobat bisa melanjutkan perjalanan menuju telaga menjer yang berlokasi di Kecamatan Garung. Telaga ini juga berlokasi di Jalan Dieng kilometer 8. Dan di daerah sini banyak spot yang menarik yang bisa sobat kunjungi sebelum sampai ke Dieng.
Asal mula adanya telaga ini adalah karena letusan Gunung Pakuwaja yang dulu pernah aktif. Awalnya, tempat wisata di Wonosobo ini hanyalah sumber air mata kecil, yang meluas setelah terjadinya letusan. Sekarang, tempat ini menjadi salah satu objek wisata yang nggak boleh dilewatkan di Wonosobo. Untuk akses menuju ke lokasi ini, dari kolam renang air hangat menuju ke utara melewati jalan Dieng. Setelah sampai ke jalan Dieng kilometer 8 sampailah di pasar yang bernama Pasar Garung. Sesampainya di pasar lalu belok kiri yang di tandai dengan gapura yang bertuliskan PLTA Garung. Susuri jalan tersebut hingga sampai ke telaga.  Jarak dari gapura sampai ke telaga sekitar 2 hingga 3 klometer. Bagi yang hanya ingin bersantai melihat-lihat pemandangan objek wisata Wonosobo satu ini, ada juga perahu yang siap mengantar berkeliling Telaga Menjer selama 30 menit. Dijamin, deh, lanskap Gunung Sindoro yang membentang di sekitar telaga akan membuat Sobat berdecak kagum! 
Lapar setelah lelah seharian menjelajah? Sobat nggak perlu khawatir karena ada restoran di sekitar wilayah wisata Telaga Menjer ini. Uniknya, restoran yang disediakan adalah restoran apung, lho! Alias, ada di tengah-tengah telaga.

Telaga Menjer

5. Agro Wisata Tambi
Setelah dari Telaga Menjer sobat bisa di lanjutkan perjalanan menuju utara menyusuri jalan Dieng. Untuk akses menuju ke lokasi ini dari telaga menjer sobat harus kembali lagi ke pasar garung untuk menuju jalan dieng. Apabila sobat  ingin beristirahat sejenak dan menjauh dari hiruk-pikuk kota besar dengan segala hingar-bingarnya, objek wisata Wonosobo yang satu ini bisa menjadi pilihan. Agrowisata Tambi menyuguhkan hamparan perkebunan teh yang bisa memanjakan mata. Terletak tepat di kaki Gunung Sindoro, destinasi wisata ini menawarkan udara sejuk dengan suhu berkisar 15 – 24 derajat celcius. Tidak hanya sekedar menikmati pemandangan sekitar perkebunan, di kawasan wisata Wonosobo ini sobat juga bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari bersantai di pondok wisata, memancing, bermain tenis, dll.
Dikawasan kebun Teh Tambi ini sobat juga dapat menikmati pemandangan kebun teh dan juga dapat berkunjung ke pabrik teh untuk melihat pengolahan daun teh dari baru saja di petik hingga siap di pasarkan.

Agro Wisata Tambi - WonosoboZone

6. Agro Wisata Tanjungsari
Obyek wisata di wilayah Wonosobo selanjutnya yang masih hamparan pemandangan perkebunan teh dengan keindahan alamnya dan kesegaran udaranya adalah Agro wisata Tanjungsari. 
Selain Tambi, Wonosobo ternyata juga punya perkebunan teh lainnya yang dijadikan objek wisata favorit di Wonosobo, lho. Namanya Kebun Teh Tanjungsari. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini kerap ramai didatangi para pelancong. Di wilayah lokasi Agro Wisata Tannjungsari juga terdapat kolam renang, water boom, taman bermain anak.
Lokasi Agro Wisata Tanjungsari ini mudah di jangkau karena letaknya tepat di pinggir jalan raya Wonosobo – Purworejo, tepatnya di wilayah Kecamatan Sapuran. . Jika sobat pergi ke Wonosobo dari Jogja dengan melewati jalur alternatif menuju Wonosobo via Salaman Magelang pastinya melewati wisata ini.

Agro Wisata Tanjungsari

7. Curug Sikarim
Tempat wisata di Wonosobo selanjutnya adalah Curug Sikarim. Curug ini terletak tidak jauh dari Telaga Menjer tepatnya bearada di Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. Bagi Sobat yang punya jiwa petualang dan suka tantangan, Air Terjun Sikarim atau yang biasa dikenal dengan Curug Sikarim, dapat menjadi tempat wisata Wonosobo yang tepat untuk menguji adrenalin. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 100 meter. Dan bagi sobat yang berniat untuk mengunjungi curug ini kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga karena jalan menuju curug sikarim tidak lah mudah. Sobat harus melewati pematang sawang penduduk dan lembah dengan jalanan yang terjal dan licin. Di sekeliling tempat wisata di Kabupaten Wonosobo ini, masih terdapat hutan rimbun yang menambah keindahan dan berpadu dengan air jernih yang mengalir deras di Curug Sikarim. Meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 100 meter, hal ini tidak mengurangi keelokan air terjun ini.

Curug Sikarim - Indonesia Kaya

8. Curug Sirawe
Setelah sebelumnya membahas soal Curug Sikarim, kali ini akan dibahas keindahan lainnya di Wonosobo yang belum banyak terekspos, Curug Sirawe yang berlokasi Bitingan, Kepakisan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Nama tempat wisata Wonosobo yang satu ini diambil dari kata rawe yang berarti suwiran. Hal ini karena ada tiga air terjun yang lokasinya berdekatan, dengan dua air terjun bersuhu panas dan satu air terjun yang bersuhu dingin.
Curug ini masih tertutup rapat dengan hutan, jadi buat Sobat yang ingin merasakan keasrian alam Wonosobo, jangan lupa sempatkan waktu kesini, ya! Perjalanan ke objek wisata Wonosobo yang satu ini cukup melelahkan, jadi pastikan untuk membawa bekal makanan dan air minum yang cukup.

Curug Sirawe - Wikipedia

9. Dieng Plateau
Kurang lengkap ke Wonosobo tanpa menyambangi Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Destinasi wisata Kabupaten Wonosobo satu ini telah menjadi ikon pariwisata Wonosobo dan hits di kalangan wisatawan. Terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosobo. Ada banyak banget objek wisata yang pastinya nggak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.
Mulai dari Telaga Warna, Kawah Sikidang, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Candi Dieng hingga Telaga Menjer. Pastinya, satu hari nggak akan cukup untuk menjelajahi kawasan wisata di Wonosobo ini.
Selain itu, ada satu acara keren yang dihelat setiap tahunnya di dieng, yaitu Dieng Culture Festival, sebuah festival yang menggabungkan unsur musik, budaya dan wisata jadi satu.
Buat Sobat yang ingin menghabiskan waktu liburan disini, jangan lupa untuk pakai jaket, karena suhu udara di tempat ini bisa mencapai 15 sampai 20 derajat celcius, bahkan kalu lagi ekstrim seperti bulan juni-juli 2019 kemarin sumunya bisa mencapia minus lho! Hal ini disebabkan oleh letak geografis Wonosobo yang berada pada ketinggian 2.093 mdpl.

Dieng Plateau - TribunNews

10. Goa Jaran
Sebagian masyarakat masih percaya bahwa goa memiliki unsur magis, dan dipercaya sebagai tempat untuk bermeditasi. Sesuai namanya, jaran yang berarti kuda, objek wisata Wonosobo ini pada masa lalu pernah disinggahi seekor kuda yang berteduh dari hujan.
Setelah keluar dari goa, kuda tersebut dalam keadaan hamil. Memang, Goa Jaran dianggap sebagai lambang kesuburan. Hal ini dapat dilihat dari patung perempuan yang sedang membawa bunga, yang dapat dijumpai di pintu masuk.
Terlepas dari segala mitos yang ada, Goa Jaran tetaplah menjadi objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari bentuknya yang unik, sampai pemandangan Dieng di sekitar goa yang menakjubkan. Sobat juga bisa menjelajah di sekitar kompleks wisata Telaga Warna yang letaknya berdekatan dengan goa jaran yang berlokasi Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Goa Jaran - Kompas

11. Dienga Theater
Apabila sobat bosan dengan film yang biasa diputar di bioskop-bioskop? Kalau Sobat kebetulan berkunjung ke Wonosobo terutama daerah Dieng, sobat harus mampir kesini untuk menyaksikan sejarah Dieng dan sekitarnya. Dengan kapasitas sebanyak 400 orang, pengunjung akan diajak menyelami lebih dalam semua hal tentang Dataran Tinggi Dieng, mulai dari sejarahnya, kondisi geografisnya, budayanya, dan masih banyak lagi. Semua ini dibungkus secara Joss dalam sebuah film.
Disarankan banget, nih, untuk mengunjungi objek wisata Wonosobo satu ini terlebih dahulu sebelum menjelajah kawasan Dieng agar Sobat punya bekal pengetahuan yang cukup.

Dieng Theater - Indonesia Kaya

12. Komplek Candi Dieng
Objek wisata Wonosobo yang merupakan bekas peninggalan sejarah ini terdiri dari beberapa candi yang membentuk satu kompleks. Menempati lahan seluas 800 meter dan berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, Candi Dieng wajib masuk daftar destinasi wisata sobat, nih.
Karena candi ini terbagi menjadi tiga blok yang berisi beberapa bangunan candi megah, di antaranya Kelompok Arjuna, Kelompok Gatutkaca, Kelompok Dwarawati, dan Candi Bima. Masing-masing candi punya keunikannya masing-masing, lho.
Contohnya Candi Bima yang atapnya berbentuk bujur sangkar. Bentuk ini sangat berbeda dengan kebanyakan candi yang ditemukan di Pulau Jawa. Menarik, kan? Jadi bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah, deh!

Candi Dieng - Bintang

13. Curug Winong
Setelah sobat berkeliling di obyek wisata Wonosobo yang berada di sebelah utara Kota Wonosobo, sobat bisa lanjut perjalanan untuk melihat obyek wisata di Wonosobo, tepatnya obyek wisata yang berada di sebelah selatan Kota Wonosobo. Bicara soal objek wisata air terjun di Wonosobo memang nggak akan ada habisnya. Setelah sebelumnya membahas soal Curug Sikarim dan Curug Sirawe, untuk selanjutnya Curug Winong yang berada di Kecamatan Kaliwiro, tepatnya di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, yang belum banyak terekspos.
Untuk akses menuju ke lokasi ini agak sulit karena harus menyusri jalan pemukiman penduduk. Namun tidak perlu khawatir, di sepanjang jalan terdapat petunjuk arah menuju ke curug. Sesampainya di parkiran tempat pemberhentian kendaraan bermotor, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju curug dengan berjalanan kaki sejauh sekitar 300 meter. Batu hitam yang dialiri air jernih menjadikan tempat ini layaknya mutiara tersembunyi. Ditambah lagi dengan bukit-bukit hijau tinggi dan hutan pinus menambah kesejukan disekitar curug.

Curug Winong

14. Waduk Wadaslintang
Setelah sobat puas berada di Curug Winong, sobat bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Waduk Wadaslintang yang berada di Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Waduk Wadaslintang yang memiliki luas sampai dengan 2.626 hektar ini layak masuk ke dalam daftar objek wisata di Wonosobo yang harus Sobat kunjungi. Pasalnya, waduk ini dikelilingi dan dihiasi panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah nan eksotis.
Sobat dapat menikmati keindahan sekitar tempat wisata alam Wonosobo ini dengan berkeliling menggunakan perahu mesin atau perahu dayung / getek yang tersedia.

Waduk/Bendungan Wadaslintang

15. Lobang Sewu
Setelah menyaksikan obyek wisata waduk Wadaslintang, sobat bisa menuju ke Objek wisata Wonosobo yang terletak di desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang ini masih terbilang baru karena baru diresmikan pada tahun 2015, sehingga belum seterkenal objek wisata lainnya di Wonosobo. Namun ini nggak berarti antusiasme wisatawan rendah, lho. Malah, ketika musim liburan, tempat ini cukup disesaki wisatawan yang berlomba-lomba selfie dengan latar puluhan batu karang yang tersebar mengelilingi Waduk Wadaslintang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Lubang Sewu adalah ketika musim kemarau, karena ketika musim penghujan datang, bebatuan yang menjadi ikon destinasi wisata ini kerap tenggelam.
Sobat yang memiliki hobi memancing dapat melakukannya disini. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Terdengar asyik, kan?

Lobang Sewu

Demikian beberapa obyek wisata yang berada di wilayah Wonosobo yang wajib Anda kunjungi apabila berkunjung ke Kota Wonosobo, dan tentunya masih banyak lagi obyek-obyek wisata lainnya yang berada di Wonosobo yang bisa Anda kunjungi.