Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Audio Receiver Parabola Ke Speaker Aktif

Aflahsentosa.com - Cara Menghubungkan Audio Receiver Parabola Ke Speaker Aktif. Hallo sobat semua, Gimana kabarnya....? Semoga lagi yang terbaik, dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Sobat tentunya sudah mengetahui Digital Video Broadcast (DVB) atau lebih di kenal oleh masyarakat umum receiver parabola. Receiver parabola ini dirancang untuk menerima sinyal televisi, dari satelit melalu LNB parabola dan harus di hubungkan ke pesawat televisi, yang dapat di gunakan sebagai OSD (On Screen Display) sehingga video audio yang diterimanya bisa kita saksikan dan dengar melalui televisi.

Pada receiver parabola (DVB) terdapat jalur Video dan Audio Out melaui kabel RCA ke input AV televisi dan ada juga untuk receiver parabola yang lebih canggih yang kwalitas HD untuk jalur Video dan Audio menggunakan HDMI (Kabel HDMI) yang bisa di hubungkan ke input HDMI pada televisi yang suport HDMI misalnya TV LED / LCD. Apabila kita menggunakan televisi biasa (tv tabung) maupun televisi LED/LCD kadang suaranya kurang begitu keras dan menggelegar, karena keterbatasan ruang untuk speakernya.

Apabila sobat menginginkan suara Menggelegar yang dihasilkan dari receiver parabola melalui jalur audio output, maka sobat bisa menghubungkan output audio pada receiver parabola ke speaker aktif maupun power ampli yang terhubung ke speaker salon, ataupun ke perangkat audio home theater. Caranya sangat mudah untuk menghubungkan output audio dari receiver parabola ke salon aktif atau ke perangkat audio lainnya. Seperti contoh gambar di bawah, saya menggunakan salon aktif untuk menghubungkan output audio dari receiver parabola.

Cara Menghubungkan Audio Receiver Parabola Ke Speaker Aktif


Pada gambar di atas, pada output audio dari receiver langsung di hubungkan ke input audio salon aktif menggunakan kabel RCA. Sedangkan pada Video out dari receiver hubungkan ke pesawat televisi dan pada jalur audio out/speaker dari salon aktif di hubungkan dengan salon aktif satunya lagi. Apabila receiver parabola pada audio out sudah tersambung ke salon aktif dan kita hanya ingin mendengarkan siaran berita / musik tidak harus menyalakan pesawat televisi, cukup menggunakan salon aktif, sehingga bisa beraktifitas sambil mendengarkan siaran berita/musik dari receiver melalui salon aktif.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai cara menghubungkan audio/suara dari receiver parabola ke salon aktif agar suaranya lebih menggelegar.... Semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat