Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Layar TV Tidak Penuh Pada Bagian Atas Dan Bawah

Aflahsentosa.com - Pada kesempetatan kali ini, aflahsentosa.com akan berbagi mengenai cara mengatasi kerusakan TV layar tidak penuh pada bagian atas dan bawah atau gambar tidak full sesuai ukuran layar tv. Kerusakan ini sebenarnya sama dengan kerusakan TV yang pernah saya posting terdahulu yaitu mengenai kerusakan layar TV menyempit atas bawah dan pada bagian atas trapesium.

Beberapa hari yang lalu saya mendapat garapan TV Panasonic dengan kerusakan gambar menyempit dan bagian atas trapesium seperti kasus tv yang sudah saya posting terdahulu. Karena saya sudah pernah mengalami / menjumpai kerusakan seperti itu, langsung saja saya ukur defleksi pada bagian gulungan vertikal menggunakan multitester, dan hasil pengukuran jarum multitester tidak bergerak, ini menandakan bahwa kawat gulungan defleksi/yoke ada yang putus. Pada saat pengecekan gulungan defleksi, lepas terlebih dahulu sambungan kawat defleksi yang menempel pada pin defleksi/yoke agar pengukuran akurat. Karena hasil pengukuran sudah jelas menandakan gulungan defleksi/yoke putus, langsung saja saya bongkar defleksi dan pada gulungan kawat defleksi bagian vertikal saya bongkar dan benar, pada gulungan kawat bagian dalam ada beberapa bagian yang putus. Dan ada sekitar 30 cm kawat dfleksi yang putus tadi, dari titik putus pertama dan titik putus selanjutnya, dari pada kebanyakan sambungan langsung saja saya sambung dengan yang satunya biar sambungannya cuma satu.

Setelah gulungan kawat defleksi yang putus tadi saya sambung, selanjutnya saya gulung ulang, dan setelah kawat tergulung semua dan sudah rapi kembali, langkah selanjutnya saya pasang kembali dfleksi tadi pada leher CRT lalu TV saya nyalakan, dan TV bisa nyala dengan baik, layar tidak trapesium pada bagian atasnya, hanya saja layar tidak bisa penuh, gambar bagian atas dan bawah pada layar tidak bisa memenuhi layar TV seperti gambar di bawah ini :


Karena layar bagian atas dan bawah tidak bisa penuh, langkah selanjutnya saya coba atur factory setting, atur bagian verticalnya. Setelah saya atur vertical sampai angka tertinggi pada menu factory setting, tetapi layar tv belum bisa penuh pada bagian atas dan bawah masih ada kekurangan belum bisa f, kemungkinan karena kawat gulungan defleksi yang tadi putus dan saya sambung ada kawat yang terbuang, sehingga tegangan pada defleksi berkurang yang menyebabkan layar tidak bisa penuh.


Karena penasaran dengan defleksi yang kawat gulungan putus tadi saya sambung dan gulung ulang, maka defleksi/yoke saya bongkar lagi dan saya coba sambung kawat defleksi yang putus tadi yang terbuang menggunakan kawat bekas gulungan trafo dan kebetulan ada, hanya saja kawatnya sedikit lebih besar di banding kawat asli defleksi/yoke.

Setelah defleksi saya sambung menggunakan kawat bekas trafo, dan saya gulung kembali selanjutnya dfleksi/yoke saya pasang kembali pada leher CRT dan TV coba saya nyalakan dan hasilnya layar TV bisa penuh / gambar Full seperti gambar dibawah ini :
Dari uraian di atas, apabila menjumapai kerusakan TV, Layar TV Tidak Penuh Pada Bagian Atas Dan Bawah, bisa di ambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Cek komponen dan tegangan pada bagian vertical, barangkali ada komponen yang kering seperti elko/meletus/bengakak sehingga tegangan kecil

2. Coba masuk menu factory setting, barangkali ada nilai pengatutan yang sudah berubah

3. Apabila pada langkah 1 tidak ada masalah dan langkah 2 sudah di coba factory setting tetapi layar TV belum bisa full, coba defleksi di tambah kawat email yang ukurannya sesuai atau mendakati dililitka pada bagian defleksi vertical beberapa lilit sampai hasilnya seperti yang di harapkan layar tv full. Apabila defleksi/yoke sudah di tambahi kawat dan masih belum bisa full (kurang sedikit sekitar 0,5 - 1 cm pada bagian atas/bawah) coba masuk menu factory setting, lagi.


Demikian yang bisa saya bagikan, mengenai Cara Mengatasi Layar TV Tidak Penuh Pada Bagian Atas Dan Bawah, semoga bisa menjadi referensi sobat yang sedang belajar servis tv, dan semoga bermanfaat. aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat