Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Panasonic Layar Menyempit Atas Bawah dan Pada Bagian Atas Trapesium

Aflahsentosa.com - Pada postingan yang lalu, Blog Aflahsentosa memposting atau berbagi mengenai permasalahan/kerusakan TV Panasonic yaitu mengenai TV Panasonic yang Protect. Dan pada kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa masih membahas mengenai kerusakan TV Panasonic, untuk kali ini kerusakan pada layar TV yaitu layar tidak bisa full hanya pada bagian tengah layar dan pada bagian layar yang kelihatan berbentuk sedikit trapesium.

Gb. TV Sebelum Diperbaiki

Beberapa yang lalu saya kedatangan TV dengan kerusakan seperti yang saya sampaikan di atas. Apabila sobat yang sedang belajar servis elektronik khususnya sedang belajar servis TV, dan menjumpai kerusakan TV seperti yang saya uraiakan di atas, coba sobat cek pada bagian blok vertical, terutama tegangan pada bagian vertical barangkali saja ada komponen/elco yang sudah bocor/kering atau ada komponen yang putus, sehingga bisa menyebabkan tidak sempurnanya tegangan pada bagian vertical.

Pada kerusakan TV seperti yang saya sampaikan di atas yaitu TV Panasonic Layar Menyempit Atas Bawah dan Pada Bagian Atas Trapesium, dan kebetulan juga dulu saya juga pernah memperbaiki TV kerusakan seperti yang saya sampaikan dengan merek yang sama, jadi sudah tahu titik mana yang perlu di cek. Pada kasus kerusakan TV Panasonic seperti di atas, sepanjang pengealaman saya yaitu kerusakan pada Defleksi, khusunya pada gulunga bagian vertical ada yang terbakar atau putus sehingga defleksi pada bagian vertical tidak bisa bekerja dengan baik dan menyebabkan layar pada TV tidak bisa penuh.

Gb. Bagian Defleksi yang Putus

Untuk memastikan bahwa defleksi rusak atau ada gulungan defleksi yang putus, sebelum melakukan pembongkaran defleksi alangkah baiknya defleksi di ukur dulu menggunakan multitester. Apabila jarum multitester tidak bergerak sama sekali berrti gulungan defleksi putus. Apabila sudah di pastikan gulungan defleksi ada yang putus, coba bongkar bagian gulungan defleksi yang putus tadi dan di amati, apabila putusnya pada bagian gulungan yang kelihatan bisa langsung di sambung saja kawat gulungan defleksi yang putus tadi. Tetapi apabila bagian gulungan defleksi yang putus tadi tidak kelihatan, maka sobat bisa membokar gulungan bagian defleksi tadi samapi ketemu bagian yang putus dan apabila sudah nketemu yang putus, kawat gulungan defleksi bisa di sambung. Usahakan pada saat membongkar gulungan defleksi sambil di hitung jumlah berapa lilitannya agar nantinya setelah kawat gulungan defleksi yang putus tadi di sambung dan di lilit ulang, jumlah lilitannya bisa sama dan usahakan lilitnya yang rapi.

Sambung dan Gulung Ulang Defleksi

Tetapi apabila sobat sudah bisa memastikan bahwa yang rusak defleksinya gulungan ada yang putus dan tidak kelihatan bagian kawat gulungan defleksi yang putus, dari pada repot, sobat bisa langsung mengganti defleksi yang baru yang impedansinya sesuai dengan defleksi aslinya atau mendekati. Karena apabila ganti defleksi impedansinya tidak sesuai dengan defleksi aslinya, terlalu kurang atau terlalu lebih dengan aslinya, bisa menyebabkan layar tidak bisa penuh atau layar terlalu melebar.

TV Setelah Diperbaiki Defleksinya

Gamabr TV diatas, setelah perbaikan defleksi yaitu, bagian gulungan defleksi yang putus saya sambung dan saya gulung ulang. Coba bandingkan gambar TV di atas sebelum gulungan defleksi yang putus di sambung dan setelah bagian gulungan defleksi yang putus di sambung. (Warna pada layar TV sebenarnya biru, karena efek camera HP dan pantulan bayangan hijau)
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai keruakan TV Panasonic Layar Menyempit Atas Bawah dan Pada Bagian Atas Trapesium, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV dan semoga bermanfaat. aamiin

Posting Komentar untuk "TV Panasonic Layar Menyempit Atas Bawah dan Pada Bagian Atas Trapesium"