Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petunjuk Batas Gambar Horizontal dan Vertical Pada Layar TV

Aflahsentosa.com - Hallo apa kabar sobat semua...? semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Pada kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa akan berbagi mengenai batas kelebaran dan ketinggian untuk batas gambar Horizontal dan Vertical pada saat penggantian mesin tv baru dengan mesin tv cina merk W-Com, Wansonic, Asioma, dll. Pada postingan yang lalu blog aflahsentosa sudah memposting mengenai Cara setting Logo Display Setelah Setelah Ganti Mesin TV dan Petunjuk Instalasi Atau Pemasangan Mesin Tv Cina

Karena pada saat penggantian mesin tv baru, tidak semua defleksi / yoke sesuai dengan setelan mesin tv baru, jadi kelebaran dan ketinggian batas gambar horizontal dan vertical tidak bisa full pada layar tv itu dikarenakan nilai resistansi antara mesin dengan defleksi / yoke tidak sesuai dengan setelan mesin baru.

Untuk mengecek ataupun pengaturan kelebaran dan ketinggian batas gambar horisontal dan vertical dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Pada posisi Factory, tekan tombol Call untuk mengeluarkan pattern Kotak Kecil Hitam atau Putih, pastikan lebar pattern kotak antara kiri dan kanan sama dan seimbang.

2. Apabila gambar kurang lebar atau terlalu lebar, gunakan 5 pilihan pin horisontal yang terdapat pada chasis PCB mesin tv yang terletak di sebelah flyback. Pilihlah salah satu pin horisontal (Kabel yoke warna merah) yang terbaik dan sesuai dengan kelebaran dan ketinggian layar tv.

3. Apabila gambar masih kurang atau terlalu lebar sedikit kira-kira 0,5 cm sampai 1,5 cm kiri dan kanan, ganti C bagian kolektor dengan nilai yang lebih besar atau lebih kecil secara bertahap. Pastikan kapasitas tegangan kapasitor 1600 - 200 volt. (Perubahan / penggantian kapasitor harus dengan hati-hati dan benar)

4. Apabila setelah pemilihan pin horisontal yang terdapat pada chasis mesin tv dan ganti kapasitor pada bagian kolektor sudah coba ganti, tetapi gambar pada layar masih kurang lebar atau terlalu lebar dari 4 - 5 cm, gunakan tambahan trafo yoke.


Opsional : Untuk mengatasi kekurangan atau kelebaran gambar sebaiknya tanpa merubah kapasitor apapun. Perubahan C bagian kolektor horisontal harus dilakukan secara benar dan hati-hati untuk menghindari kelebihan panas yang dapat merusak bagian horizontal PCB chasis tv (Transistor horisontal).

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Petunjuk Batas Kelebaran dan Ketinggian, Batas Gambar Horizontal dan Vertical setelah penggantian mesin tv baru dengan mesin tv merk cina, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis tv dan belajar ganti mesin tv. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat