Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petunjuk Instalasi atau Pemasangan Mesin TV Cina

Aflahsentosa.com - Hallo apakabar sobat semua...? semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungna Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Pada postingan yang lalu Blog Aflahsentosa telah memposting atau berbagi mengenai Cara Setting Logo Display Setelah Ganti Mesin TV.
Dan untuk kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa akan berbagi atau memposting mengenai petunjuk instalasi atau pemasangn mesin TV cina / mesin TV baru. Untuk saya pribadi biasanya melakukan pekerjaan penggantian mesin TV baru, apabila TV memang sudah rusak parah atau spare part nya sudah tidak ada dipasaran untuk TV jadul maupun sulit cari sparepart dan kalupun ada, harus cari di daerah/kota lain. Atau kadang saya melakukan penggantian mesin TV dengan mesin TV cina, apabila saya sudah tidak bisa mengerjakannya (tidak ketemu kerusakannya) itupun dengan persetujuan pemilik TV.

Maklum....saya kan masih belajar servis TV jadi kadang juga tidak bisa mengatasi kerusakan TV, tidak bisa menemukan kerusakannnya, dan apabila demikian, saya sarankan pada pemilik TV untuk di bawa ke tempat servis lain, dan karena TV tidak bisa saya benerin, walaupun saya sudah berusaha kalaupun TV mau di bawa ke tempat servis lain, tidak saya pungut biaya sedikitpun. Tetapi kadang pemilik TV enggan membawa ke tempat servis lain karena alasan repot/jauh, atau mungkin sudah terlanjur percaya dengan saya, kalau demikian pemilik Tv tidak mau membawa TV ke tempat servis  TV lain, paling saya sarankan untuk ganti mesin TV dengan saya jelaskan mesin TV pengganti dan total harga tganti mesin TV. Setelah ada kesepakatan, TV saya ganti mesin.

Bagi sobat tuser khususnya tukang servis TV yang sudah berpengalaman, apabila dalam pengerjaan penggantian mesin TV tentunya sudahhpaham betul cara pemasangan socket / kabel yang terdapat pada mesin TV baru dipasang dengan tepat. Tetapi bagi sobat yang sedang beelajar mengganti mesin TV baru dengan mesin tv cina kadang masih bingung, waluapun sebenarnya pada mesin tv cina seperti W-Com, Wansonic, Asioma, dll pada saat membeli biasanya sudah ada kertas petunjuk cara pemasangan, tetapi kadang juga kertas petunjuknya tidak ada.

Cara Pemasangan mesin TV Cina

Berikut ini Petunjuk Instalasi atau Pemasangan Mesin TV Cina

1. Pemasangan Kabel Defleksi / Yoke
Agar kelebaran layar TV bisa penuh kanan kiri, pastikan resistansi yoke antara 1 ohm sampai 2,2 ohm, bila tidakrubah dan ganti yoke nya agar sesuai. Apabila yoke nya resintansinya tidak sesuai, layar terlalu melebar ke kiri kanan atau kurang lebar kiri kanan, walaupun di setting pada menu factory setting layar kadang tidak bisa sesuai masih telalu lebar / kurang lebar kanan kiri

* Hubungkan kabel defleksi warna merah dan biru ke bagian Horisontal (1-2,2 ohm) pada kaki / pin defleksi bagian Horisontal (Horisontal pin Yoke bagian Belakang)

* Hubungkan kabel defleksi warna hijau dan kuning / hitam dan putih ke bagian Vertical (5-25 ohm) pada kaki / pin defleksi bagian Vertical  (Vertical pin Yoke bagian Depan)

Pasang konektor defleksi / yoke pada pin konektor yang sudah tersedia di PCB chasis TV secara benar. Pemasangan yang terbalik bisa menyebabkan kerusakan pada IC vertical LA 78040 atau R vertical 180 ohm putus/kebakar

2. Hubungkan Kabel Ground CRT
Hubungkan kabel ground CRT / tabung tv ke pin yang terletak di PCB RGB socket CRT. Pastikan kabel ground CRT tersambung dengan benar. Apabila tidak, bisa menyebabkan IC Program Rusak karena hubungan arus pendek.

3. Pasang Kop Flyback
Pasang/hubungkan kop flyback ke tabung CRT dengan benar dan hati-hati. Kebocoran pemasangan atau kelonggaran dapat merusak PCB chasis mesin tv secara total

4. Hubungkan kabel antena, panel tombol, sensor remot dan panel input / output AV dengan benar.

5. Hubungkan power switch ke PCB chassis tv dengan benar jangan salah pasang pada bagian pin desgausing

6. Menetralisir Sisa Tegangan Flyback
Pada waktu melepaskan semua koneksi dari PCB ke tabung TV (CRT), setelah pemasangan atau tes, SISA TEGANGAN dari flyback harus di buang terlebih dahulu ke ground tabung TV. Apabila membuang/menetralisisr sisa tegangan flyback ke bagian mesin manapun, maka dapat terjadi kerusakan pada IC Program / IC Gambar / Timer atau bagian regulator.

7. Membuang Sisa Tegangan 180 Volt Pada PCB socket RGB
Sisa tegangan 180 volt pada PCB socket RGB juga harus dibuang terlebih dahulu ke ground tabung untuk menghindari kerusakan pada PCB chasis tv

Demikian yang bisa saya bagikan Petunjuk Instalasi atau Pemasangan Mesin TV Cina, semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Petunjuk Instalasi atau Pemasangan Mesin TV Cina"