Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Panasonic Protect Model TC-14P10BB

Aflahsentosa.com – Pada postingan yang lalu, Blog Aflahsentosa sudah berbagi / posting mengenai Cara Memperbaiki TV Panasonic Protect secara umum dan pada kesempatan kali ini, Blog Aflahsentosa akan berbagi lagi/memposting masih mengenai TV Panasonic yang protect, tetapi untuk postingan kali ini mengenai TV Panasonic secara spesifik model yaitu  Televisi Panasonic model TC-14P10BB Protect.

Cara Memperbaiki TV Panasonic Protect Model TC-14P10BB

Televisi Panasonic model TC-14P10BB, jika diperhatikan mainboard Panasonic seri ini sama dengan mainboard panasonic Quintrix Fseries. Dengan menggunakan IC single TDA9381PS, Flyback G4GAM3F-1, IC Regulator STR W6654A dengan gejala jika di TV ON kan lampu led indicator berkedap-kedip dari merah ke hijau, kemudian merah lagi dan hijau lagi terus Protect, dan tentunya tidak mau menyala,hehehe.....

Dengan mengucap Bismillah lalu saya buka casing/tutup TV, lalu TV saya ON kan dan mulai saya ukur tegangan di tiap blok rangkaian, pada B+ terukur 90v, Vertikal terukur 24v yang diambil dari regulator, dan blok RGB terukur 180v dan ini semua normal, lalu saya lepaskan beban 24v yang menyuplai blok vertikal dan saya coba ON kan lagi, tapi tetap hasilnya sama. Berdasarkan pengalaman selama menangani mainboard Panasonic Quintrix F series, akhirnya saya lepaskan TR SMD Q605 yang menjadi pusat Protect, karena biasanya jika tegangan semua normal dengan melepas TR ini sudah bisa nyala normal.

Setelah TR Q605 saya lepas sekarang saatnya mencoba, dan akhirnya tv mau menyala, lalu saya coba masukkan/hubungkan DVD player melalui input AV, karena didaerah saya Desa Mangunrejo, Kalikajar, Wonosobo jangkauan stasiun relay tv swasta nasional tidak terjangkau semua hanya lokasi tertentu saja, itupun siarannya kurang jelas, jadi untuk menikmati siaran tv swasta masih menggunakan receiver digital plus parabola, dan tentunya di tv melalui input AV. Sekarang tv udah mau nyala dan gambarnya juga jernih.

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar servis TV. Aamiin