Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Panasonic Protect

Aflahsentosa.com - Cara Memperbaiki TV Panasonic Protect. Apabila sobat menjumpai kerusakan TV Panasonic yang menggunakan IC Micom TDA9381PS dan IC Power Supplay/Regulator STR W6654, IC Vertical AN5539 rusak protect dengan gejalanya tv dihidupin terus selang beberapa detik mati lagi karena horisontal sempat hidup. Solusi untuk mengatasi kerusakan seperti ini adalah dengan mengecek bagian protek. Untuk model ini sering terjadi tahanan molor/membesar nilai athanannya, yaitu resistor R631(560k) dari tegangan 185volt ke bagian protek harus dicek.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu analisa kerusakan tv panasonic yang protect. Tv CRT Panasonic secara umum memiliki rangkaian proteksi guna mencegah kerusakan yang lebih banyak / lebih parah, imbas dari kerusakan awal tv tersebut, untuk rangkaian proteksi untuk generasi produksi tahun 1990an berfokus pada pennon aktifan rangkaian horizontal tv, apabila blog vertikal atau horizontal bermasalah maka rangkaian proteksi bekerja menonaktifkan rangkaian horizontal oscilator.
 
Generasi produk 2000an lebih kompleks lagi, karena proteksinya bisa terjadi disebabkan karena gangguan rangkaian diluar blog vertikal maupun horizontal. Metoda inipun dipakai pada tv sharp.
Bagi anda yang telah terbiasa menangani tv Panasonic tentunya telah sering mendapatkan tv yang tegangan B+ nya naik sesaat lalu ngedrop. Indikasi umum untuk generasi CRT cembung terakhir adalah lampu indikatornya berkedip, umumnya anda bisa mengecek dengan beberapa metode berikut ini :


1. Lepas IC Verticalnya terlebih dahulu, bila setelah dilepas ternyata tv bisa on normal, kemungkinan besar ic vertikalnya bermasalah. Ingat, setiap penggantian ic vertikal, anda harus mengganti elco pump up, (100uf/35v), bila tidak maka ic tersebut bisa rusak kembali nantinya.

2. Cek diode zenner yang terhubung ke rangkaian heaternya, (biasanya D510 atau D511), bila dalam kondisi TV ON terukur tegangan bocor di anodanya melebihi 0,6 V, maka kemungkinan diodanya yang rusak, silahkan diganti dengan dioda zenner 12v / sesuai aslinya.

3. Bila dijalur B+180v terdapat resistor yang terhubung ke rangkaian lain, (rangkaian proteksi, biasanya nilai R nya 120k atau 560k) coba anda ukur juga resistornya, biasanya R tersebut putus.

4. Rangkaian proteksi juga bekerja bila tegangan B+ tidak sampai ke FBT, cek resistor yang terhubung antara FBT (Flyback) dengan jalur B+ dari regulator, pastikan keadaan resistornya dalam keadaan baik.

Ulasan diatas adalah penanganan secara umum bagi kerusakan tv panasonic yang protect, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang belajar reparasi tv, dan semoga bermanfaat. Aamiin.