Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Tulisan Arab Dari Internet Ke Photoshop Dengan Mudah

Cara Copy Tulisan Arab Dari Internet Ke Photoshop - Assalamu'alaikum Wr.Wb. Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga dalam keadaan yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Pada postingan terdahulu aflahsentosa.com sudah memposting atau berbagi mengenai Cara Copy Tulisan Arab dari Internet ke Microsoft Office Word
Dan pada kesempatan kali ini Blog Aflahsentosa akan berbagi mengenai Cara Copy Tulisan Arab Dari Internet Ke Photoshop. Bagi sobat yang sudah master / mahir dalam dunia design grafis, tentunya hal seperti ini tidak menjadi masalah, karena sudah paham betul tool yang digunakan dan tentunya sudanh di dukung dengan software yang lengkap untuk mendukung keahliannya bidang design grafis.


Tetapi bagi sobat yang lagi belajar design grafis dan belum banyak ilmunya mengenai design grafis seperti saya belum banyak pengalamannya, permasalahan seperti ini tentunya bisa menjadi persoalan yang harus di cari jalan keluarnya. Seperti pengalaman saya kemarin, saya dapat pesanan untuk membuat banner acara Walimatul Khitan dan pada banner tersebut minta di kasih tulisan Arab mengenai dalil yang berhubungan dengan Khitan. Karena saya baru bisa menggunakan photoshop itupun masih belajar, dalam membuat banner saya menggunakan photoshop, tidak seperti sobat yang sudah master dengan menggunakan program/software Corel Draw, dan yang lainnya.

Setelah design mengenai walimatul khitan saya buat di photoshop, dan tinggal memasukkan tulisan arab yang sesuai dengan temanya yaitu khitan, saya pun browsing mencari dalil-dalil yang berhubungan dengan Khitan, dan ketemu yaitu QS. An Nahl: 123 dan juga melihat contoh banner mengenai walimatul khitan yang sudah ada tulisan Arabnya yaitu QS. An Nahl: 123. Karena saya belum bisa menulis tulisan Arab di Photoshop dan juga program aplikasi/software yang saya miliki belum lengkap, maka saya copy tulisan Arab dari internet yaitu di Website Qur'an Online dan cari surat An Nahl ayat 123, setelah ketemu langsung saya Copy tulisan Arab tersebut pada lembar kerja di Photoshop, ternyata tidak berhasil dalam artian, tulisan Arab bisa di copy langsung dari Website Qur'an Online ke photoshop tetapi tulisannya tidak jelas / tulisan Arabnya jadi berantakan, urutannya tidak sesuai dan tidak bisa di baca, dan saya rada bingung harus bagaimana, maklum belum berpengalaman.....hehe. Selanjutnya saya coba dengan cara copy paste tulisan Arab dari Internet ke Microsoft Office Word, selanjutnya tulisan Arab pada office word saya copy dan langsung saya paste ke lembar kerja di Photoshop, ternyata masih belum berhasil / tulisan arab masih berantakan belum bisa terbaca dengan sesuai.

Karena saya masih belum berhasil memasukkan/menyisipkan tulisan Arab copy dari Internet ke Photoshop, maka saya coba menggunakan cara dengan terlebih dahulu tulisan Arab di Save As ke PDF dan cara ini berhasil, walaupun harus mutar-mutar caranya dengan terlebih dahulu simpan di WordPad - Office Word - PDF. Berikut langkah-langkah untuk copy paste tulisan Arab dari Internet ke Photoshop :

1. Copy Tulisan Arab Dari Internet ke WordPad
Copy Tulisan Arab yang dari Internet terlebih dahulu ke WordPad, sebelum ke Office Word, karena jika tulisan Copy dari Internet langsung di paste pada lembar kerja Office Word maka tulisan Arabnya jadi berantakan / terbalik tidak urut hijaiyah nya sesuai ayatnya, sehingga sulit di baca.

2. Copy Tulisan Arab Dari WordPad ke Office Word
Setelah tulisan Arab yang copy dari internet di paste pada WordPad, langsung saja tulisan Arab dari WordPad di copy paste pada Office Word ini bertujuan agar tulisan Arab yang tadi copy dari internet tulisannya sesuai tidak berantakan.

3. Tulisan Arab Save As PDF
Setelah tulisan Arab tadi yang di paste pada Office Word, langkah selanjutnya tulisan Arab tadi di Save As ke PDF. Tulisan Arab yang sudah di Save As ke PDF bisa di buka menggunakan Photoshop.

4. Buka File PDF Menggunakan Photoshop
Buka Save As PDF tulisan Arab tadi menggunakan Photoshop, dan hasilnya pada Photoshop seperti berikut :

5. Pindahkan File PDF di Photoshop Pada Lembar Kerja
Setelah Tulisan Arab file PDF tadi buka menggunakan photoshop, tulisan Arab tadi bisa di pindah / Drag menggunakan Move Tool ke lembar kerja yang kita buat, misalnya seperti contoh saya membuat banner Walimatul Khitan, seperti berikut ini untuk memudahkan saya memindah tulisan Arab ke dalam lembar kerja.

6. Modif / Ganti Warna Tulisan Arab Pada Lembar Kerja Sesuai Selera
Setelah tulisan Arab tadi di di Drag menggunakan Move Tool ke lembar kerja, maka tulisan Arab tadi yang berwarna hitam bisa di ubah warnanya dan di modif sesuai selera, seperti contoh gambar berikut :
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Copy Tulisan Arab Dari Internet Ke Photoshop Dengan Mudah, semoga bisa bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat