Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab TV Polytron U-Slim IC Vertikal Jebol Terus

Penyebab TV Polytron U-Slim IC Vertikal Jebol Terus - Pada postingan terdahulu Blog Aflah Sentosa telah berbagi mengenai Cara Memperbaiki TV Poytron U-Slim Rusak Vertikal. Dan kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai penyebab IC Vertikal jebol terus pada TV Polytron U-Slim. Jika hal ini terjadi terus menerus tentunya akan merepotkan sobat tuser, khususnya tukang servis TV karena akan memakan banyak korban IC vertikal.

Dan perlu diketahui bahwa tegangan untuk menyuplay IC Vertikal pada TV Polytron U-Slim, tegangannya dari out flyback +24 dan -24 untuk TV Polytron U-Slim 21 inchi. Jadi apabila tegangan B+ melonjak melebihi dari sewajarnya yaitu melebihi 115 volt bisa menyebkan tegangan untuk mensuplay IC vertikal juga melonjak, menyebabkan over tegangan pada IC vertikal sehingga IC Vertikal jebol / pecah.

Apabila sobat menjumpai IC vertikal pada TV Polytron U-Slim jebol, sebelum ganti IC dengan yang baru, untuk antisipasi kemungkinan IC jebol/pecah karena over tegangan, terlebih dulu cek pada bagian tegangan B+ pada elco ke dua (elco paling besar ke dua) atau pada transistor switching horisontal pada colector terhadap emitor. Apabila pada tegangan B+ melonjak bisa dua kali lipatnya atau lebih, biasanya terjadi kerusakan pada area blog optocoupler, biasanya pada VR B+ adjust tegangan rusak. VR B+ ini berfungsi untuk menyetel tegangan, menaikkan atau menurunkan tegangan dengan cara di putar ke kanan atau ke kiri. Apabila VR B+ adjust ini rusak bisa menyebabkan B+ melonjak. Coba ganti VR B+ dengan yang baru sesuaikan nilainya seperti VR aslinya. Apabila VR B+ sudah di ganti coba ukur kembali bagian tegangan B+ nya seperti tadi, apabila tegangan sudah normal bisa pasang/ganti IC vertikal yang jebol tadi.
Demikian semoga bermanfaat. Aamiin