Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV Polytron U-Slim Layar Gelap Terdapat Warna Pelangi

Cara Memperbaiki TV Polytron U-Slim Layar Gelap Terdapat Warna Pelangi – Hallo apa kabar sobat semua…? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.
Pada postingan yang lalu Blog Aflah Sentosa telah memposting / berbagi mengenai cara Memperbaiki TV Polytron U-Slim Rusak Vertikal. Dan pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi cara mengatasi TV layarnya gelap tetapi pada layar terdapat sinar warna pelangi. Kasus TV seperti yang saya sampaikan di atas, seperti yang sering saya jumpai pada TV Polytron dengan tipe U-Slim atau Ultra Slim series. Walaupun tidak menutup kemungkinan permasalahan TV seperti yang sampaikan di atas bisa terjadi pada TV merk lain atau tipe lain yang mengambil tegangan vertikal -12 dan +12 volt dari kaki flyback langsung.
Cara Mengatasi TV Polytron U-Slim Layar Terdapat Warna Pelangi

Biasanya kerusakan TV Polytron U-Slim Layar Gelap Terdapat Warna Pelangi, di awali dengan kerusakan protek / protek pada bagian vertikal. Dan apabila protek, coba langsung saja cek pada bagian vertikal, ukur tegangan yang menuju IC vertikal untuk menyuplay IC vertikal. Tegangan ini berasal dari kaki output flyback -12 dan +12 volt dan coba urut jalur tersebut dari output flyback menuju IC vertikal. Sebelum sampai ke IC vertikal tegangan -12 dan +12 volt dari output flyback terlebih dahulu melalui resistor pembatas tegangan biasanya berukuran 100 ohm, resistor ini bisa dikatakan sebagai fuse. Selain melalui resistor pembatas tadi, juga melaui dioda penyearah dan elco 100mF 35 Volt. 

Apabila tegangan yang menuju IC vertikal drop, sehingga IC vertikal tidak bisa bekerja dengan baik, bisa menyebabkan TV layarnya gelap hanya muncul sinar warna pelangi. Apabila hal itu terjadi, kemungkinan ada komponen-komponen tadi ada yang putus ataupun ukurannya sudah melar seperti resistor, dan elkonya kering/swak. Apabila tegangan -12 dan +12 volt tidak keluar pada kaki output flyback, berarti flyback rusak, coba ganti flayback dengan yang masih normal sesuai nomor serin flyaback, atau kalau tidak mendapatkan flyback dengan nomor seri yang sama, bisa menggunakan flybak persamaan TV Polytron, apabila TV polytron. Tetapi apabila TV merk lain, bisa menggunakan flyback persamaan yan sesuai. Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin