Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Flek Warna Pada Layar TV

Cara Mengatasi Flek Warna Pada Layar TV – Hallo apakabar sobat semua…? Semoga dalam keadaan yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin
Pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai Cara Mengatasi Flek Warna Pelangi Pada Layar TV. Mungkin sobat pernah menjumpai TV pada layar TV terdapat Flek-flek warna, hijau, merah bahkan ada yang warna seperti pelangi. Flek-flek warna itu kadang ada yang terdapat pada bagian pinggir layar TV, ada juga di tengah layar TV.

cara Mengatasi Flek Warna Pada Layar TV

Apabila ada TV lang layarnya terdapat flek warna seperti di sampaikan di atas, hal ini kadang sering di kaitkan dengan adanya magnet di sekitar TV, misalkan meletakkan TV di dekat salon audio yang terdapat magnet speker di dalamnya. Akibat TV berdekatan dengan magnet, sehingga fosfor warna pada TV tertarik pada satu titik yang dekat dengan magnet.

Tetapi apabila pesawat TV diletakkan pada posisi yang jauh dari magnet atau salon audio atau bahkan pada sekitar TV tidak ada magnet speaker / jenis magnet lainnya, tetapi pada layar TV terdapat flek-flek waran / warna pelangi, bisa jadi itu dikarenakan karena penangkal medan magnet pada tabung CRT sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Penangkal medan magnet pada layar CRT sering disebut DEGAUSSING. Degaussing ini bentuknya seperti kabel yang lapisan luarnya di lapisi isolator dan melingkar pada tabung CRT bagian belakang dan terhubung dengan PTC / NTC pada bagian PCB TV.

Jika rangkaian Degaussing ini mengalami kerusakan bisa menyebabkan flek-flek warana atau warna pelangi pada layar TV walaupun disekitar TV tidak ada magnet speaker yang berdekatan. Tetapi apabila TV sudah tidak terlindungi dengan rangkaian Degaussing bisa terkena pengaruh magnet bumi atau magnet liar pada sekitarnya. Apabila sobat menjumpai rangkaian Degaussing yang sudah tidak berfungsi dengan baik, coba soabat cek Degaussing menggunakan multitester pada posisi switch x10, x100, x1K pada pengukuran jarum multitester harus jalan, apabila jarum tidak jalan bisa jadi Degaussing putus. Atau beberapa kasus TV yang mengalami flek warna / warna liar / warna pelangi pada layar TV di sebabkan karena PTC / NTC rusak. Apabila Degaussing coil putus/rusak coba sambung atau ganti Degaussing, dan apabila PTC/NTC yang rusak harus di ganti agar rangkaian Degaussing berfungsi dengan baik.
Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Aamiin