Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Ampli Suara Tidak Bersih

Cara Mengatasi Ampli Suara Tidak Bersih - Hallo apa kabar sobat semua...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalm lindungan-Nya. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara mengatasi amplyfier suaranya ada tetapi suaranya tidak bersih atau kurang jelas. Masalah ampli atau pengeras suara yang seperti ini, mungkin ada sobat yang pernah mengalaminya, dan belum tahu caranya untuk mengatasi masalah tersebut.

Apabila sobat menjumpai ampli atau ampli sobat suaranya ada, tetapi suara yang keluar kurang bersih atau tidak jelas, secara umum kerusakannya pada bagian power finalnya yaitu pada transistor penguat akhir apabila penguat akhir menggunakan transistor atau driver ada yang putus/konslet apa tidak.
Untuk mengatasi apabila ampli sobat suaranya keluar/ada, tetapi suara yang keluar kurang bersih atau tidak jelas, untuk pengecekan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Cara Amplifier Suara Tidak Bersih
LANGKAH 1
Pengukuran menggunakan multitester pada posisi switc x1, x10 ohm. Pengukuran dilakukan pada transistor penguat akhir apakah transistor ada yang konslet atau putus atau tidak. Dan pengecekan pada transistor driver ada yang konslet / putus apa tidak.

LANGKAH 2
Pengukuran menggunakan multitester pada posisi switch DC 50 Volt. Pengukuran tegangan out yang dimasukkan pada bagian penguat akhir. Apabila tegangannya menggunakan CT yaitu ( - CT + ) tegangan yang masuk pada penguat akhir seimbang apa tidak.
Pengukuran dilakukan terhadap tegangan (-) terhahadap Ground (CT) dan tegangan (+) terhadap Ground (CT). Pada pengukuran tegangan (-) terhadap (CT) dan (+) terhadap (CT) tegangannya harus benar-benar sama, bila tidak sama, ada elco yang sudah swak/kering/bocor atau ada dioda penyearah yang putus.

LANGKAH 3
Pengecekan menggunakan multitester pada posisi switch  DCMA 250. Pengukuran pada input power ampli, apakah berfungsi normal atau tidak. Yaitu dengan cara ujung pencolok (-) multitester tempel pada tanah/dipegang dan pencolok (+) multitester pada input ampli, maka harus di dapat getaran suara yang bersih. Bila tidak, masih ada komponen aktif yang putus atau konslet

Apabila penguat akhir menggunakan IC berarti IC nya sudah error atau swak. Untuk mengetahui IC rusak atau tidak tidak bisa di cek / ukur menggunakan multitester. Demikian, semoga bermanfaat