Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-bagian Yang Harus di Cek, TV Rusak Horisontal (Layar Hanya Garis Tegak Lurus)

Bagian-bagian Yang Harus di Cek, TV Rusak Horisontal - Hallo sobat tuser semuanya, Gimana kabarnya...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini, Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai sedikit pengalaman saya dalam menangani TV yang rusak Horisontal yaitu layar TV hanya terdapat garis tegak lurus arah vertikal. Kenapa layar hanya bergaris vertikal atau tegak lurus justru dikatakan TV rusak Horisontal, karena pada bagian horisontal tidak bisa bekerja untuk menarik/membuka layar TV ke kanan dan ke kiri arah Horisontal.

Kebalikan dengan TV Rusak Vertikal, biasanya layar atau gambar hanya kelihatan garis lurus mendatar arah horisontal. Kenapa jika ada TV dengan kerusakan layar hanya garis datar arah horisontal, malah kategori rusak Vertikal, karena pada rangkaian vertikal tidak bekerja/berfungsi untuk menarik/membuka layar ke atas dan ke bawah arah vertikal.

Berikut bagian-bagian yang perlu dicek apabila TV rusak horisontal, seperti yang pernah saya alami dalam memperbaiki TV yang rusak horisontal, layar TV hanya sinar tegak lurus:

Bagian-bagian Kerusakan Horisontal

1. Kondensator Keramik / Kondensator Kopel. Kemungkinan solderannya retak sehingga kaki kondensator tidak menempel dengan baik ataupun kondensator sudah rusak (putus / konslet) sehingga menyebabkan TV rusak bagian Horisontalnya, layar jadi hanya tegak lurus tidak bisa membuka penuh.

2. Pin Konektor Khusus Pin Bagian Horisontal. Cek juga solderan pin bagian horisontal, kadang retak atau solderannya lepas sehingga pin bagian horisontal yang terhubung soket kabel menuju defleksi tidak menempel jadi defleksi bagian horisontal tidak bekerja dengan baik, sehingga layar tidak bisa membuka penuh hanya sinar garis tegak lurus.

3. Ceka Defleksi. Cek / ukur defleksi khusunya pada bagian horisontalnya, apabila putus perlu diperbaiki pada bagian ini atau ganti defleksi dengan yang sesuai / impedansinya sama atau mendekati impedansi defleksi aslinya.

4. Cek bagian transistor horisontal. Apabila ada kaki transistor horisontal yang lepas solderanya / retak solderannya perlu di solder ulang. Atau apabila dicek transistornya yang bermasalah coba ganti transistornya.
Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Aamiin