Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI KERUSAKAN VERTIKAL PADA TV LG SLIM


Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki kerusakan TV LG slim rusak bagian vertikal, yaitu dengan di tandai adanya garis lurus melintang pada layar TV, atau pada saat TV di nyalakan/lagi di tonton awalnya layar menyempit dan lama-lama TV menjadi mati total, hanya lampu stand by saja yang menyala itu berarti kerusakan TV protek pada bagian vertikal, seperti kasus TV LG slim yang saya servis, seperti yang di sampaiakan pemilik TV, kronologinya seperti yang saya sampaikan diatas yaitu ketika TV lagi di nyalakan layar TV menjadi menyempit pada bagian atas – bawah dan lama-lama layar TV bergaris melintang dan TV menjadi mati. Baca: Sistem Protek TV Warna

Setelah dapat penjelasan dari si pemilik TV, langsung saja TV saya buka tutupnya dan tanpa pikir panjang langsung saya cabut IC Verikal LA78040, karena stok IC Vertikal seri LA78040 stoknya lagi kosong dari pada harus pergi beli ke toko malah makan waktu lama, maka saya ganti dengan IC Vertikal seri LA78041. Setelah saya ganti IC Vertikal LA78041 TV saya nyalakan, dan TV bisa nyala, layar bisa membuka lebar. Tetapi pekerjaan belum selesai sampai di situ, karena saya amati layar pada bagian atas terdapat garis – garis seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:


Layar TV pada bagian atas terdapat garis-garis, itu di sebabkan karena Elko di sekitar IC Vertikal elkonya ada yang kering/swak, langsung saja saya ganti elko yang ada di sekitar IC Vertikalnya yaitu Elko 100uF/50 Volt dan setelah elko 100uF/50 Volt di ganti layar jadi normal tidak ada garis-garis pada layar bagian atasnya seperti sebelumnya. Seperti yang tampak pada gambar di bawah ini, layar bagian atas tidak ada garis-garisnya:


Apabila setelah ganti elko yang 100uF/50 volt tetapi layar pada bagian atas masih ada garis-garis nya coba ganti lagi elko yang lainnya di sekitar IC vertikal yaitu elko 1uF/50 Volt. Apabila masih ada garis-garisnya coba cari elko yang lainnya yang di curigai kering pada blog vertikal, karena permasalahan layar TV pada bagian atas / bawah terdapat garis-garis itu disebabkan karena adanya elko yang kering/rusak. Gambar di bawah ini, komponen-komponen yang saya ganti :

Apabila ada masukan/saran silahkan komentar di bawah postingan ini, karena saya juga masih belajar, atau bisa menghubungi admin ke Contact Us.
Demikian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI KERUSAKAN VERTIKAL PADA TV LG SLIM"