Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar NCB Listrik Tidak Anjlok / Off Saat Menyalakan TV (Rangkaian Soft Start)

Agar NCB Listrik Tidak Anjlok / Off Saat Menyalakan TV -  Hallo apa kabar sobat? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalm lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini Blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai cara mensiasati agar NCB listrik tidak anjlok saat menyalakan TV, sehingga menyebabkan listrik dalam rumah jadi mati total. Saat menyalakan TV dan NCB listrik langsung anjlok, hal ini terjadi dikarenakan pada saat TV star / angkatan TV mau nyala, pengambilan daya listrik terlalu tinggi sehingga mengakibatkan NCB listrik anjlok walaupun rangkaian mTV dalam keadaan baik tidak konslet.

Sebenarnya ada alat khusus agar saat menyalakan TV, NCB listrik tidak anjlok, alat ini namanya INVERATOR. Alat ini banyak di jual di toko-toko elektronik, harganyapun bervariasi sesuai beberapa watt yang mau kita beli, dan harganya masih sangat terjangkau.
Tetapi apabila sobat tidak ingin membeli Inverator sabagi Soft Start saat menyalakan TV, sobat bisa mensiasatinya menggunakan RESISTOR, bisa dengan ukuran 18 ohm 20 watt seperti yang pernah saya coba pada TV.

Pemasangan resistor dengan ukuran 18 ohm 20 watt bisa juga menggunakan resistor 20 ohm 20 watt di dalam rangkaian TV pada jalur Input AC dengan cara potong / cut salah satu jalur dari input AC setelah switch, kemudaian pasang/jumper menggunakan resistor ukuran 18 ohm atau 20 ohm 20 watt tadi, selanjutnya dari resistor sambungkan kembali pada jalur PCB TV pada pin input AC. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat gambar berikut ini :

Rangkaian Soft Start Agar NCB Tidak Anjlok Saat Menyalakan TV

Apabila sobat ingin membuat rangkaian untuk soft start, biayanya akan jauh lebih ringan di banding jika membeli inverator. Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin