Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Stelan Focus Dan Screen Pada Flyback

Pada postingan terdahulu saya telah berbagi mengenai Persamaan Flyback TV Warna. Untuk postingan kali ini, saya akan berbagi mengenai fungsi potensio atau stelan focus dan screen yang terdapat pada flyback. Bagi seorang tuser, khususnya tukang servis TV tentunya paham betul fungsi dari stelan focus dan screen yang ada pada flyback, karena stelan focus dan screen ini mempunyai peranan penting untuk mengatur layar TV agar enak dan nyaman saat di tonton. Apabila satu diantara stelan ini ada yang tidak fungsi maka akan berpengaruh pada layar TV dan tentunya TV tidak nyaman untuk di tonton. Berikut fungsi dari stelan Focus dan Screen pada Flyback

1. FOCUS
Berfungsi untuk mengatur ketajaman/kejelsan gambar atau tulisan pada layar TV, agar gambar maupun tulisan pada layar TV bisa jelas dan enak di lihat/tonton tidak blur. Apabila layar TV gambarnya blur tidak jelas maupun tulisannya juga tidak jelas untuk di baca, padahal sebelumnya layar TV gambar dan tulisannya jelas dan tidak blur, ada kemungkinan stelan focus pada flyback sudah berubah karena faktor pemakaian flyback yang sudah lama sehingga kinerja flyback menurun, sehingga perlu di stel ulang stelan focus yang terdapat pada flyback. Apabila sudah disetel ulang stelan focus, gambar dan tulisan pada layar tidak bisa jelas atau masih blur, coba ganti soccet CRT nya, bisa jadi soccet CRT nya berjalur/berkarat sehingga pin/kaki-kaki CRT tidak bisa konek dengan baik sehingga mempengaruhi tegangan yang masuk ke CRT.
Apabila focus sudah di stel tidak ada perubahan dan juga soccet CRT sudah di ganti gambar dan tulisan pada layar TV belum jelas / masih blur ada kemungkinan stelan focus pada flyback sudah aus / flyback sudah swak.

2. SCREEN
Berfungsi untuk mengatur terang maupun gelap pada layar TV. Apabila pada menu pengaturan Brighnest ataupun Contrast sudah di atur untuk menambah terang pada layar TV tetapi layar tidak mau terang padahal stelan brighnest sudah banyak/full, dan sebelumnya layar TV terang, ada kemungkinan stelan screen pada flyback sudah berubah karena faktor pemakaian flyback yang sudah lama sehingga kinerja flyback menurun, sehingga stelan screen pada flyback perlu di stel ulang hingga di dapat layar terang. Dan pada saat stel ulang untuk menambah terang layar perlu diperhatikan juga pada layar, karena japabila terlalu terang, layar TV akan timbul/nampak garis-garis buku. Apabila stelan screen pada flyaback sudah di stel puter-puter layar tidak berubah terang maupun gelap ada kemungkinan stelan screen sudah aus atau flyback sudah swak.

Fungsi stelan focus dan Screen pada flyback

Apabila flyback dalam kondisi baik, soccet CRT juga kondisinya baik tidak berjamur maupun berkarat, dan pada stelan FOCUS dan SCREEN sudah di atur puter-puter / stel ulang, tetapi tidak ada perubahan pada layar maupun gambar, bisa jadi tabung CRT nya yang sudah lemah atau RGB nya sudah lemah. Apabila menjumpai layar TV yang tidak bisa terang padahal stelan screen sudah di atur, coba CRT di Charger atau di Dor, dengan hati-hati dan harus berani ambil resiko tabung CRT bisa tambah parah jika salah dalam charger CRT

Posting Komentar untuk "Fungsi Stelan Focus Dan Screen Pada Flyback"