Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA CHARGER CRT / TABUNG TV DAN LANGKAH KERJANYA

Rangkaian charger CRT bisa kita gunakan untuk charger tabung CRT apabila tabung TV sudah redup, itu bisa disebabkan karena umur pemakaian tabung TV / CRT sudah lama sehingga pada bagian katoda merah, hijau, biru tertutup oleh kerak/kotoran sehingga layar TV menjadi redup walaupun sudah di setting untuk brighnest, colour. Untuk menghilangkan kotoran/kerak yang ada pada katoda bisa dengan mengecharge tabung menggunakan alat charger tabung CRT. Tetapi apabila pemakaian TV sudah terlalu lama sehingga menurunkan kinerja dari CRT, walaupun di charge kadang tidak berhasil.

Charger CRT ini bisa juga di gunakan untuk mengecharger tabung TV / CRT dengan gejala layar gelap dan kadang waktu di nyalakan bila kita dengarkan pada bagian leher CRT ada bunyi "cuitan". Masalah seperti ini pernah saya alami pada TV SAMSUNG slim ketika saya nyalakan suaranya normal cuma tidak muncul gambar / layar gelap ada bunyi "cuitan" pada laher tabung, lalu saya coba lepas bagian RGB yang menempel/terpasang pada pin CRT, lalu saya cek menggunakan multitester pada pin G1 dan G2 dan setelah saya cek trnyata antara G1 dan G2 KONSLET ini bisa disebabkan karena kerak/kotoran yang menempel di antara G1 dan G2, untuk menghilangkan kotoran/kerak yang menempel di antara G1 dan G2 bisa dengan cara di Charger menggunakan alat charger CRT

Dalam mengecharger tabung TV/CRT harus dilakukan dengan hati-hati, dan harus berani ambil resiko, karena apabila gagal resikonya tabung bisa rusak tidak bisa digunakan lagi, dan perlu cari ganti tabung/CRT.
LANGKAH-LANGKAH CARA CHARGER CRT / TABUNG TV:


LAYAR TV REDUP GAMBAR SURAM

Caranya :
1. Lepas bagian RGB sehingga soccet CRT yang menempel pada pin CRT bisa terlepas
2. Nyalakan Heater menggunakan trafo 1 Ampere dengan tegangan normal 9 Volt AC (lihat gambar)
3. Aliri G1 dengan tegangan tinggi dari (+) dari Elco 100mF / 400 Volt (lihat gambar)
4. Aliri Katoda CRT (GK, BK, RK) melalui bolam lampu 100 watt, secara bergantian dengan tegangan (-) dari Elco 100mF/400 Volt (lihat gambar)
5. Setelah Heater nyala terang, kabel (+) dari Elco 100mF / 400 Volt sudah terpasang dan kabel (-) dari Elco 100mF / 400 Volt juga sudah terpasang pada katoda misalkan mulai dari katoda merah (RK) dan tetunya jack AC sudah terpasang pada stop kontak listrik, langkah selanjutnya tekan-tekan switch sehingga bolam lampu bisa nyala, tekan-tekan sampai bolam lampu tidak menyala.
Setelah lampu tidak menyala pindah kabel (-) dari Elco 100mF / 400 ke katoda hijau (GK) atau biru (BK) seperti langkah di atas tekan-tekan switch sehingga bolam lampu menyala sampai bolam lampu tidak nyala.
 



LAYAR TV GELAP KARENA G1 DAN G2 KONSLET

Caranya :
1. Lepas bagian RGB sehingga soccet CRT yang menempel pada pin CRT bisa terlepas
2. Nyalakan Heater menggunakan trafo 1 Ampere dengan tegangan normal 9 Volt AC (lihat gambar)
3. Aliri G1 dengan tegangan tinggi dari (+) dari Elco 100mF / 400 Volt (lihat gambar)
4. Kabel (-) dari Elco 100mF / 400 Volt tempelkan pada G2 (lihat gambar)
5.Setelah heater menyala terang, dan G1 dan G2 sudah di aliri arus tegangan tinggi dari Elco 100mF/400 Volt, langkah selanjutnya tekan-tekan switch sampai bolam lampu 100 Watt menyala, tekan-tekan sampai bolam lampu tidak menyala.
6. Setelah langkah 1 - 5 selesai, coba cek G1 dan G2 menggunakan tester, apabila sudah tidak konslet berarti kotoran/kerak yang menempel antara G1 dan G2 sudah tdk ada, coba nyalakan TV.
Semoga Berhasil.




Posting Komentar untuk "CARA CHARGER CRT / TABUNG TV DAN LANGKAH KERJANYA"