Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaik Penempatan Televisi (TV)


Cara Terbaik Penempatan Televisi
Pesawat TV merupakan konstruksi yang terdiri dari komponen elektronika dan semikonduktor. Komponen-komponen tersebut memiliki kekuatan dan daya tahan yang terbatas, sehingga dalam jangka waktu penggunaan tertentu komponen komponen itu akan rusak. Bahkan rusaknya komponen tidak saja disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering, tetapi bisa juga karena adanya temperatur tinggi ataupun kelembaban yang berlebihan.

Sebagian dari pemilik pesawat penerima TV telah mengetahui bagaimana cara memperlakukannya serta dimana harus menempatkan pesawat tersebut. Karena dengan pemeliharaan serta pemakaian yang baik setidaknya akan memperpanjang umur pesawat. Kalau misalnya pesawat TV telah dirancang untuk penggunaan jangka lima lahun, maka dengan pemakaian yang benar serta perawatan yang bagus akan dapat digunakan lebih dari waktu yang telah ditentukan.

Penempatan yang bagus untuk sebuah pesawat penerima TV adalah di sudut, karena dapat memberikan daerah penglihatan terbaik untuk sejumlah besar orang serta dengan penerangan cahaya rendah di atas dan di belakang penerima TV. Kecemerlangan yang kuat atau kepekaan juga merupakan hal yang buruk untuk menonton TV. Dalam beberapa kasus, perlu mempertimbangkan dimana pesawat TV harus ditempatkan dan juga harus diperhitungkan yang sehubungan dengan Indera mata. Jangan sekali-kali menempatkan pesawat pada lokasi yang orang dapat melintasi kabel catu (yang berhubungan dengan stop koatak jala-jala PLN) atau melintasi saluran transmisi atau di sana orang dapat dengan mudah menubruk pesawat TV. Dan pada waktu pesawat aktif, janganlah ditutupi dengan kain gorden atau kain-kain lain yang terlalu tebal yang dapat menghambat sirkulasi uadara bagian belakang cabinet. Karena itu seyogyanya anda memperhatikan beberapa petunjuk dalam menempatkan pesawat penerima TV.

1.  Tempatkan Pesawat TV Pada Tempat Yang Memiliki Ventilasi Baik
Pada waktu pesawat sedang aktif akan timbul panas di dalam pesawat itu, dan ini menyebabkan temperatur komponen naik. Jangan sampai panas yang ditimbulkan itu menjadi berlebihan karena tidak adanya sirkulasi udara yang masuk melalui lubang- lubang kabinet belakang. Karena itu pesawat harus ditempatkan pada tempat yang memiliki ventilasi baik dan bahkan kalau bisa panas harus diradiasikan.

2.  Penempatan Harus Memiliki Jarak Yang Cukup Pada Bagian Belakang dan Bagian Samping.
Struktur-dalam dari sebuah pesawat penerima TV dilengkapi dengan fasilitas udara yang mengalir dengan konveksi. Karena itu jarak yang cukup sangat diperlukan di sekitar penerima TV agar aliran (sirkulasi) udara tidak terhalang. Begitu juga jangan diberi rintangan atau penghalang di sekelilingnya, misalnya dengan menutup kain tebal dan sebagainya.

3.   Pesawat TV Harus Berada di Tempat Yang Tidak Terlalu Lembab
Bila sebuah benda diletakkan pada tempat yang memiliki kelembaban tinggi, maka benda tersebut akan menjadi basah (seperti berembun). Begitu juga dengan pesawat penerima TV, apabila berada pada tempat yang terlalu lembab, menyebabkan komponen elektroniknya menjadi basah (mengandung banyak air) pada waktu pesawat dalam keadaan pasif (mungkin juga pada saat aktif), dan ini akan menurunkan daya isolasinya serta dapat memperpendek umur komponen. Karena itu bagaimanapun juga pesawat jangan sampai berada pada tempat yang mengandung kelembaban tinggi.

4.   Jangan Sampai Pesawat Terkena Sinar Matahari Langsung
Matahari merupakan sumber energi dan juga sumber panas. Setiap yang terkena sengatan sinar matahari akan menjadi panas dan karena itu bila pesawat TV sampai terkena sinar matahari temperaturnya akan naik dan dapat menyebabkan rusaknya kabinet TV. Untuk itu jangan sekali-kali membiarkan pesawat terkena sinar matahari langsung.

5.   Tempatkan Pesawat TV di Tempat Yang Bersih
Tempat yang penuh dengan debu, atau setidaknya mudah terkena debu, juga merupakan tempat yang tidak bagus. Debu yang menempel dari hari ke hari yang semakin bertambah, akan menyebabkan hilangnya kecemerlangan warna kabinet pesawat. Lebih-lebih bila debu tersebut menempel terlalu tebal pada komponennya, lambat laun pesawat akan menjadi rusak. Karena itu tempatkan pesawat di tempat yang bersih, dan usahakan pada tempat yang bebas dari debu agar kabinet pesawat tetap dalam bentuk yang bagus serta komponen-komponennyapun juga terjaga dengan baik.
Demikian semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "Cara Terbaik Penempatan Televisi (TV)"