Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kerusakan TV Layar Garis Buku, Suara Normal, Gambar Ada

Cara Mengatasi Kerusakan TV Layar Garis Buku, Suara Normal, Gambar Ada - Hallo sobat, apa kabar...? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat dan lagi yang terbaik. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara mengatasi kerusakan TV terdapat garis  - agaris buku pada layar TV, padahal suara normal, dan gambarpun ada. Apabila sobat menjumpai TV dengan kerusakan seperti saya sampaikan di atas, atau TV sobat rusak seperti itu coba lakukan langka-langkah yang nanti akan saya sampaikan, semoga berhasil.

Apabila ada TV dengan kerusakan layar terdapat garis-garis buku, pada umumnya kerusakan pada bagian G2 yang tegangannya terlalu tinggi atau tegangan pada RGB terlalu rendah. Tegangan G2 tidak boleh lebih dari 1000 Volt, apabila melebihi akibatnya layar terlalu terang dan terdapat garis-garis buku. Dan tegangan RGB tidak boleh kurang dari 180 Volt.

Kerusakan TV layar garis buku
Langkah-langkah untuk memperbaiki TV dengan layar terdapat garis buku, sebagai berikut :
LANGKAH 1
Nyalakn TV dan lakukan penyetelan pada potensio flyback pada bagian setelan screen setelan paling bawah, di putar sambil amati layar TV harus di dapat sinar pada layar TV meredup dan hilang garis-garis buku, apabila tidak ada perubahan pada layar dan garis buku tidak hilang, maka flyback rusak.

LANGKAH 2
Pengukuran pada bagian RGB yaitu pada Elco RGB menggunakan multitester dengan posisi switch DC x250, harus di dapat tegangan DC 180 Volt. Apabila tegangan kurang dari 180 Volt maka elco tsb rusak, perlu di ganti.

LANGKAH 3
Pengukuran menggunakan multitester dengan posisi switch DC x10, dilakukan terhadap kaki Basis pada transistor RGB, maka harus di dapat tegangan lebih dari 2 Volt. Bila tidak ada, maka IC Synchron bagian matrix rusak, perlu ganti yang baru.
Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin