Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memperbaiki Lampu Charger LED (Lampu Emergency)

Cara Mudah Memperbaiki Lampu Charger LED - Hallo apa kabar sobat semua....? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai cara memperbaiki lampu charger dengan mudah. Tentu sobat semua sudah tahu mengenai lampu charger atau ada juga yang bilang lampu emergency. Kenapa di bilang lampu emergency mungkin dikarenakan apabila pas listrik PLN padam, lampu charger atau lampu emergency ini bisa digunakan sebagai penerangan secara darurat.

Jadi apabila sobat mempunyai lampu charger atau lampu emergency yang sudah mati, jangan dulu di buang, mungkin saja masih bisa diperbaiki seperti pengalaman saya. Lampu charger atau lampu emergency itu rangkaiannya terdiri dari komponen-komponen elektronik pada umumnya seperti dioda, resistor, kondensator, elco, trafo, bisa jadi yang menyebabkan lampu mati/rusak karena ada komponen-komponen elektronik yang putus maupun rusak.
Apabila sobat lampu emergency/lampu charger nya mati coba di buka tutupnya dan lepas bautnya coba lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Coba amati pada bagian papan komponen / PCB barangkali ada komponen yang lepas solderannya atau retak. Kalau ada komponen yang lepas solderannya / retak, coba di solder ulang.

2. Amati komponen-komponen yang ada, mungkin saja ada komponen yang kebakar atau patah seperti resistor atau dioda, atau ada elco yang bocor / kering / bengkak (menonjol bagian atasnya) kalau ada coba ganti komponen yang rusak tadi

3. Kalau secara fisik dilihat pakai mata  tidak kelihatan ada komponen yang rusak (seperti kebakar/gosong, patah) coba ukur komponen menggunakan multitester.

Cara memperbaiki lampu charger

Untuk pengalaman saya, saat memperbaiki lampu charger LED merk LUBY yang mati, ada salah satu komponen yaitu ELCO pada bagian atasnya menonjol yaitu elco 1000mF / 10 Volt, seperti gambar di atas. Karena tidak ada / saya tidak punya stok elco baru 1000mF / 10 Volt dan adanya elco yang baru 1000mF / 16 Volt, maka saya ganti elco yang rusak menonjol atasnya saya ganti dengan elco 1000mF / 16 Volt dan Alhamdulillah bisa nyala kembali lampu charger yang tadinya rusak/mati. Demikian semoga bisa bermanfaat. Aamiin