Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian dan Fungsi Pin Kaki Flyback

Apa kabar sobat semua…? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin.
Pada postingan kali ini, blog Aflah Sentosa akan berbagi mengenai Fungsi Pin dari masing-masing kaki flyback. Tentunya sobat yang berprofesi sebagai tukang servis, khususnya tukang servis TV maupun monitor computer jenis CRT pasti mengetahui komponen/sparepart yang satu ini yaitu flyback. Karena komponen/sparepart yang satu ini mempunyai peranan penting untuk menghidupkan layar TV/monitor.
Fungsi Pin Kaki Flyback ini perlu diketahui bagi seorang tukang servis TV, karena ini bisa sangat membantu dalam menangani kerusakan TV. Pada monitor computer jenis CRT flyback dilengkapi dengan kapasitor internal untuk meningkatkan kualitas gambar dengan resolusi tinggi.

Sebelum masuk ke pokok pembahasan mengenai Fungsi Pin Kaki Flyback, mari bahas dulu pengertian dari flyback. Flyback adalah suatu komponen transformator pada TV atau monitor computer untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan oleh tabung CRT yang nantinya digunakan untuk menenmbakkan electron di dalam tabung TV maupun pada monitor computer.
Flyback ini dipasang pada blog horizontal output untuk menghasilkan tegangan cukup tinggi berkisar 10KV hingga 30KV tergantung ukuran TV. Di dalam flyback terdapat sebuah dioda internal yang berfungsi menyearahkan tegangan tinggi dari trafo, karena masih berbentuk pulsa-pulsa. Selain dioda, di dalam bagian flyback terdapat lilitan dan batang ferit sebagaimana transformator. Berikut Fungsi Pin Kaki Flyback :

Bagian dan Fungsi Kaki Flyback

Bagian Flyback:
1. HV (High Voltage)
HV adalah bagian anoda atau kop yang terhubung ke CRT. Pada bagian HV ini yang mengasilkan tegangan sangat tinggi berkisar antara 10KV – 30KV. Dan tegangan ini sangat berbahaya, jadi jangan coba membuka kop yang menempel pada CRT untuk mengukur tegangan ini walaupun TV dalam kondisi mati karena kadang masih menyimpan tegangan tinggi, apalagi saat kondisi TV menyala.

2. Kabel Screen (G2)
Kabel screen ini dari flyback terhubung langsung ke kaki CRT yang ada di bagian belakang CRT tepatnya pada bagian soccet CRT yang menempel pada blog RGB. Dan berfungsi untuk mengatur seberapa kuatnya cahaya terang yang di tampilkan pada layar CRT.

3. Kabel Focus (G3/G4)
Kabel focus ini juga dari flyback terhubung langsung ke kaki CRT yang ada di bagian belakang CRT pada blog RGB, yang berfungsi untuk mengatur  focus pada TV agar gambar maupun tulisan yang tampak pada layar TV tidak blur.
Baca Juga: Fungsi Stelan Focus dan Screen Pada Flyback


Fungsi Pin Kaki Flyback :
1. HOT / Colector
Rangkaian ini terhubung dengan transistor penguat horizontal pada bagian collector. Pada saat flyback bekerja kaki ini akan menghasilkan tegangan tinggi.

2. Dioda Dumper
Pin ini terhubung ke diode dumper dan biasanya terdapat pada TV yang memiliki rangkaian EW (East West) tetapi tidak semua flyback memiliki pin ini karena sudah satu paket dengan transistor horizontal

3. B + (Tegangan Kerja untuk Flyback)
Tegangan B+ ini terhubung ke power supply utama yang merupakan tegangan kerja untuk flyback. Jika pad B+ ini tidak ada tegangan, maka flyback tidak akan bekerja.

4. Ground
Sebagai grounding atau negative

5. AFC
Automatic Frequensi Control yang berfungsi untuk menstabilkan frekuensi osilator horizontal

6. ABL
Automatic Brightness Limiter yang berfungsi untuk mengatur dan membatasi sinar electron yang menuju ke rangkaian RGB secara otomatis. Tegangan ABL ini sangat tinggi karena secara tidak langsung terhubung dengan kop flyback lewat dioda.

7. HT (Heater)
Pin ini terhubung ke bagian matrik RGB untuk menyalakan heater pada tabung CRT

8. NC (Not Connect)
Pada papan kaki flyback kadang ada tulisan NC, ini menandakan bahwa kaki / pin flyback tidak konek ke rangkaian TV.

Urutan dari masing-masing pin kaki flyback tidak sama antara flyback satu dengan flyback yang lainnya. Merk dan seri flyback yang berbeda kadang urutan pin juga berbeda. Demikian semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "Bagian dan Fungsi Pin Kaki Flyback"