Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

USB Stereo FM Audio Amplifier Tidak Ada Suara


Apa kabar sobat semua....? Semoga lagi yang terbaik dan dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.
Tentunya sobat semua yang hobby elektronik tidak asing lagi dengan yang namanya FM Stereo, Amplifier dan lainnya. Apa lagi untuk sekarang radi FM stereo maupun amplifier fasilitasnya sudah lebih lengkap lagi dengan di pasang modul USB yang bisa untuk memutar musik maupun video/film ataupun menampilkan foto/gambar format JPEG yang di simpan di flasdis maupun memory card. Hanya saja modul USB yang bisa untuk memutar video/film dan menampilkan foto/gambar yang support untuk memutar video / menampilkan gambar. Ini hanya sekilas saja mengenai Modul USB sekarang banyak di jual di toko elektronik.

Langsung saja ke pokok pembahasan, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai USB Stereo FM Audio Amplifier yang tidak berbunyi / tidak ada suaranya, padahal lampu nyala, power tegangan masuk sesuai dengan kebutuhannya, dan display pada modul USB menampilkan angka urutan lagu yang ada pada flasdis (Bisa memutar data lagu yang ada pada flasdis), bagi seorang teknisi elektronik yang sudah lama prakteknya tentunya sudah paham bagian-bagian mana yang harus di oprek. Ya, itu disebabkan karena pada bagian amplifier ada yang tidak beres, bisa IC penguat akhir amplifier rusak ataupun bagian tone control ada yang tidak beres.

Kebetulan untuk kasus USB stereo FM audio amplifier yang tidak ada suaranya atau tidak berbunyi, yang saya jumpai yang rusak IC suara amplifier dengan nomor seri TDA7297SA. Memang dari segi fisik IC tidak ada yang retak, pecah maupun gosong. Karena feeling saya tertuju pada IC suara TDA7297SA langsung saja saya cabut IC nya dan ganti yang baru.
IC Yang rusak TDA7297SA

Karena saya tidak punya stok IC nya, langsung saja saya ke toko elektronik yang terdekat untuk membeli IC tersebut, dan kebetulan stok di toko untuk IC TDA7297SA kosong terus di ganti dengan nomor seri TDA7297, dengan harga yang sangat terjangkau, di toko elektronik terdekat dengan tempat saya harga nya Rp.17.000. Dari segi bentuk dan kaki, jumlah kaki nya sama, yang membedakan untuk IC TDA7297 pada bagian atas IC ada plat pendingin dengan  lobang baut, spt gambar di bawah ini.
IC TDA7297
Setelah saya ganti IC yang baru dengan nomor seri TDA7297, USB stereo FM audio amplifier saya nyalakan, Alhamdulillah USB stereo FM audio amplifier bisa ada suaranya lagi dan suaranya normal.
Demikian sedikit informasi dari saya mengenai USB stereo FM audio amplifier yang tidak ada suaranya, semoga bermanfaat. Aamiin

Posting Komentar untuk "USB Stereo FM Audio Amplifier Tidak Ada Suara"