Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Polytron Minimax Nyala Sebentar / Sesaat Langsung Mati Standby


Pada postingan sebelumnya, saya telah memposting cara memperbaiki TV Polytron U-Slim rusak vertikal.  dan TV LG Pearl Black Proteck. Untuk kesempatan kali ini saya akan memposting cara memperbaiki TV Polytron Minimax Nyala Sebentar Langsung Mati Standby.
Kerusakan TV polytron bisa hidup sebentar kemudian mati lagi dan lampu indicator led tetap menyala, itu karena protek. Ciri ciri tv protek adalah ketika dinyalakan led standby menyala, ketika kita pencet tombol program led akan padam dan terdengar flyback bekerja dan kadang ada jg layar nyala sebentar lalu beberapa detik mati, kemudian standby lagi (led menyala) seperti kasus TV Polytron Minimax yang saya alami ini. Kejadian semacam ini sangat juga sering kita jumpai pada TV merk yang lain seperti Sharp, Akari, Samsung dan lainnya. Kerusakan semacam ini bagi seorang teknisi elektronika pemula akan begitu sulit karena kita tidak mengetahui bagian atau blog mana yang rusak dan harus diperiksa. Tidak mungkin kalau harus memeriksa semua komponen diseluruh bagian blog pada tv itu akan membuat pekerjaan menjadi lama dan tidak efisien

Biasanya, gejala ini terjadi diakibatkan dari kerusakan atau berubahnya nilai suatu komponen atau tegangan di dalam pesawat tv tersebut.
Produk televisi sekarang sudah menggunakan sistem proteksi pada komponennya. Mengenai sistem Protek TV warna sudah saya sampaikan pada postingan sebelumnya. Hal ini diciptakan agar kerusakan yang terjadi pada TV tidak merembet ke komponen lainnya, karena jika ada satu komponen yang rusak, sistem proteksi akan bekerja. Maka komponen yang lain yang secara langsung mensuply tegangan ke komponen tersebut tidak akan ikut-ikutan rusak.
Bagi yang masih pemula atau masih belajar servis TV seperti saya  adalah hal yang wajar  jika pemahaman masih kurang dalam perbaikan TV. Karena itu, jangan cepat menyerah dan putus asa untuk menemukan apa sebenarnya yang jadi penyebabnya. Kita bisa cari tahu dengan browsing di internet maupun tanya pada teman tehnisi TV yang lebih tahu, atau bisa juga belajar / cari tahu dengan gabung di groub-groub servis elektronik di FB maupun sosmed lainnya.
Ada beberapa penyebab TV Polytron Protek
1. Tv Polytron umumnya akan terproteksi apabila ada kerusakan di bagian vertikal, driver  horizontal, flyback, suara dan tuner.
2. Tapi yang umum adalah seringnya kerusakan vertikal akibat dari menurunnya kualitas elko pendukung di rangkaian vertikal dan ada juga yang rusak IC vertikalnya sekaligus tahanan suply dari flyback. Seperti kerusakan TV Polytron Minimax yang saya alami, kerusakan / proteck pada elko-elko bagian vertikal, setelah  elco-elco pendukung pada bagian vertikal saya ganti, Alhamdulillah TV Polytron Minimax bisa nyala normal tidak proteck lagi. Elko-elko pendukung bagian vertikal yang saya ganti seperti pada gambar tanda panah :

Setelah elko-elko pendukung pada bagian vertikal di ganti dengan yang baru, TV kembali nyala normal tidak protek seperti tampak pada gambar di bawah ini :


3. Kerusakan tegangan driver horizontal yang umum biasanya tegangan 50 voltnya melemah, bisa di akibatkan dari rusaknya elko 47 uf 63 volt dari tegangan output switching regulator. 
4. Elko di vertikal dengan ukuran 1 uf 50 volt sering juga rusak, cara termudah untuk memastikan adalah dengan cara mencabut elko baru di bawah elko yang diperkirakan rusak.
  
Apabila menjumpai kasus kerusakan TV protek, tidak ada salahnya kita amati komponen-komponen di area blog yang lain barangkali ada komponen yang mencurigakan misalnya ada elko yang gelembung maupun elko bungkusnya sudah mengkeret, perlu di ganti. Atau mungkin ada resistor/komponen yang lain kelihatan gosong jg perlu di ganti agar sistem kerjanya TV bisa lebih baik

Posting Komentar untuk "TV Polytron Minimax Nyala Sebentar / Sesaat Langsung Mati Standby"