Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WIRELES LAN (W-LAN)


Tak dapat dipungkiri lagi bawa perkembangan Internet membawa pengaruh besar bagi perkembangan teknologi komunikasi, yang dimaksud dalam hal ini adalah jaringan tanpa kabel yang dikenal sebagai W-LAN (Wireless Local Area Network). Keuntungan-keuntungan menggunakan W-LAN ketimbang Wire LAN cukup jelas, antara lain tidak membutuhkan instalasi kabel yang sangat mahal bagi sebuah kantor besar atau kecil, selain itu juga dapat diakses di mana saja tanpa ada keterbatasan ruangan, sangat baik diimplementasikan untuk daerah-daerah yang susah dijangkau oleh kabel telepon.

Secara garis besar terdapat dua macam standarisasi W-LAN, yaitu standar IDEE 802.11 (khususnya standar IEEE) 802.11b lebih umum disebut sebagai WiFi dengan kece- patan data 11 Mbps) dan standar yang dibangun oleh negara-negara Eropa dikenal sebagai HIPERLAN (High Performance Radio Local Area Network). Hiperlan Type 1 memiliki kecepatan 20Mbps, sedangkan Hiperlan Type 2 akan memiliki kecepatan sampai 54 Mbps jika standarnya disetujui.

Saat ini terdapat kecenderungan untuk menggunakan Internet dengan Internet Protocol (IP) nya sebagai tulang punggung komunikasi. Bahkan teknologi komunikasi seluler sekalipun menunjukkan kecenderungan akan mengadopsi teknologi Internet ke dalam standar mereka, misalnya GPRS (2.5G) dan UMTS (3G) sampai LTE (4G). Trend ini menunjukkan bahwa Internet protocol akan menjadi bahasa standar bagi komunikasi bergerak menggantikan teknologi komunikasi seluler sebelumnya (2G). Dengan demikian dapat diprediksi bahwa generasi ke empat teknologi komunikasi akan sepenuhnya mengadopsi teknologi internet ini.
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "WIRELES LAN (W-LAN)"