Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KONSEP TENTANG 4G


Dalam postingan sebelumnya, saya telah memposting mengenai Perkembangan Teknologi Seluler dari 1G ke 3G  Untuk postingan kali ini saya akan memposting mengenai konsep tentang 4G.

Seperti dijelaskan di atas, peningkatan generasi teknologi komunikasi seluler dari 1G ke 3G dimotivasi oleh kebutuhan akan pengiriman data dengan kecepatan tinggi, karena itu peralihan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara garis besar ditandai oleh peningkatan kecepatan data. Sementara itu, konsep tentang 4G nantinya diharapkan tidak hanya berurusan dengan masalah bagaimana meningkatkan kecepatan transfer data saja, melainkan juga hal-hal sebagai berikut :

1.    Mengintegrasikan semua sistem komunikasi nirkabel di seluruh dunia (komunikasi satelit, komunikasi seluler dan komunikasi LAN) menjadi satu system saja. Selain itu, sistem komunikasi bergerak ini juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan sistem komunikasi tetap, misalnya: dengan telepon kabel

2.    Layanan (services) yang berorientasi pada pengguna, bukan pada provider. Dengan demikian, provider system komunikasi 4G nantinya harus mampu menyediakan semua layanan yang ada, misalnya: audio, video, text (sms) dan data spatial. Terserah kepada pengguna untuk memilih layanan mana yang sedang diperlukan pada saat itu.

3.    Memiliki kemampuan inteligen untuk memilih jaringan yang paling efektif dengan cara memilah tipe data dan lalu lintas jaringan yang tersedia.

4.    Sepenuhnya berbasis IP, dengan demikian 4G adalah representasi dari wireless Internet.


Sampai saat ini, peralihan dari 3G menuju ke 4G memang masih dalam bentuk penyusunan standar, akan tetapi teknologi pre-4G seperti generasi pertama dari LTE dan WiMAX telah beredar di pasaran. Bahkan beberapa operator di Indonesia telah memberikan komitmen akan mengoperasikan teknologi LTE ini pada tahun 2012. Badan standar internasional ITU Radiocommunication Sector (ITU-R) menetapkan bahwa 4G akan memiliki kemampuan seperti berikut:

1.    Menggunakan protokol Internet.
2.    Kecepatan data maksimum dapat mencapai 100 Mbps untuk sistem komunikasi bergerak dengan mobilitas tinggi, dan 1 Gbps untuk sistem komunikasi dengan mobilitas rendah.
3.    Mampu melakukan pembagian resource jaringan secara dinamis untuk mendukung peningkatan jumlah pengguna di dalam sebuah sel.
4.    Beroperasi dengan bandwidth antara 5-20 MHz.
5.    Memiliki kemudahan melakukan perpindahan dari satu sel ke sel lain walaupun setiap sel memiliki jaringan yang berbeda-beda.
6.    Mampu mendukung komunikasi aplikasi multimedia dengan kualitas tinggi.






Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "KONSEP TENTANG 4G"