Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi TV Suara Normal, Layar Gelap Tidak Ada Gambar


Kadangkala kita menjumpai pesawat televisi suara normal, tetapi gambar pada layar gelap / tidak muncul gambar, sedangkan bila amati pada leher CRT filamen nyala dan Flayback hidup.
Jika kita menjumpai televisi dengan gejala-gejala seperti di atas, untuk mengatasi / mengecek kita lakukan pengecekan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

LANGKAH PERTAMA :

* Pengaturan Tegangan Pada CRT
   - Putar Potensio Screen Pada Flayback
   - Putar Potensio Vocus Pada Flayback
Pada saat memutar potensio screen dan vocus pada flayback, sambil amati layar gambar kelihatan atau tidak, kadang kala karena tegangan pada CRT kurang bisa menyebabkan layar tv menjadi gelap, gambar tidak kelihatan. Jika pengaturan tegangan pada CRT, potensio screen dan vocus pada flayback sudah di putar maximal, tetapi layar masih gelap belum muncul gambarnya, lakukan langkah selanjutnya.

LANGKAH KEDUA :

* Pengecekan Menggunakan Multitester, Rotari Switch Pada Multitester Arahkan DCMA 250
1. Kabel hitam / probe - pada multitester, tempelkan pada ground CRT dan kabel merah / probe + pada multitester tempelkan pada pin katoda merah (KR) di bagian RGB, maka harus di dapat sinar terang warna merah dan pada layar ada garis-garis buku. Bila tidak muncul sinar terang warna merah dan garis-garis buku, maka CRT bagian katoda merah (KR) swak / putus.

2. Kabel hitam / probe - pada multitester, tempelkan pada ground CRT dan kabel merah / probe + pada multitester tempelkan pada pin katoda hijau (KG) di bagian RGB, maka harus di dapat sinar terang warna hijau dan pada layar ada garis-garis buku. Bila tidak muncul sinar terang warna hijau dan garis-garis buku, maka CRT bagian katoda hijau (KG) swak / putus.

3. Kabel hitam / probe - pada multitester, tempelkan pada ground CRT dan kabel merah / probe + pada multitester tempelkan pada pin katoda biru (KB) di bagian RGB, maka harus di dapat sinar terang warna biru dan pada layar ada garis-garis buku. Bila tidak muncul sinar terang warna biru dan garis-garis buku, maka CRT bagian katoda biru (KB) swak / putus.

Apabila langkah kedua pada pengecekan katoda CRT, smua katoda ataupun salah satu katoda CRT tidak muncul warna terang sesuai warna katoda dan tidak ada garis-garis buku, coba lakukan pengecasan CRT menggunakan alat khusus untuk ngecas CRT TV.
CARA NGECAS TABUNG TV / CHARGER CRT
Gb. TV GARIS BUKU
 







Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi TV Suara Normal, Layar Gelap Tidak Ada Gambar"