Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Hujan-hujanan Bagi Anak-anak

Aflahsentosa. Manfaat Hujan-hujanan Bagi Anak-anak – Pada masa anak-anak tentunya hujan-hujanan (bermain di halaman depan rumah di saat hujan turun) menjadi hal yang menyenangkan dan mungkin yang di inginkan bagi anak-anak. Namun, karena kekhawatiran orang tua, terkadang anak-anak yang ingin bermain hujan-hujanan tidak di ijinkan oleh orang tuanya dengan alasan kesehatan, dsb.

Manfaat Bermain Hujan-hujanan Bagi Anak-anak

Bagi anak-anak yang kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat (tidak sedang sakit apapun) dan hujan-hujanan tidak terlalu lama, misalkan tidak lebih dari 30 menit, anak-anak bermain hujan-hujanan banyak manfaatnya. Sebagai orang tua, tentunya sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya termasuk bermain hujan-hujanan, asal si anak dalam kondisi sehat, dan tentunya dalam pengawasan di saat anak-anak sedang bermain dengan air hujan.

 

Berikut ini diantaranya manfaat hujan-hujanan bagi anak-anak :

 

1.      Menambah Pengetahuan Anak Mengenai Hujan

Saat anak-anak hujan-hujanan, sebagai orang tua bisa menemani dan menjaganya sambil menjelaskan secara sederhana kepada anak-anak tentang hujan, misalnya asalnya hujan, bahayanya jika hujan terus menerus, munculnya pelangi setelah hujan, doa-doa ketika turun hujan / ketika ada petir, dengan demikian anak-anak bisa tambah pengetahuan dan berasa senang bermain hujan-hujanan.


2.      Merangsang Kreatifitas Anak dan Berimajinasi

Anak-anak yang suka bermain dengan air hujan, disaat sedang hujan-hujanan muncul kreatifitas serta imajinasi yang luar biasa secara alami dari diri anak-anak, misalnya bermain perahu kertas di genangan air hujan, menyiram tanaman dengan air hujan, mengamati berbagi pola air hujan di tanah. Dibawah terpaan air hujan anak-anak bisa juga berimajinasi, anak-anak bisa mengumpamakan sebagai penari, menari-nari sambil lari-lari kecil di bawah terpaan air hujan, berimajinasi menjadi jagoan, dll.


3.      Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak

Dengan berhujan-hujanan anak-anak biasanya akan menggerakkan seluruh anggota badannya sambil berjalan-jalan, maupun lari-larian, melompat, menengadah ke atas sambil melihat ke atas (melihat sumber air hujan), menadahkan tangan mengumpulkan air hujan, sehingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin. Dengan gerak dan aktivitas seperti ini akan menstimulasi kemampuan fisik motoric anak-anak berkembang optimal terutama merangsang kulit yang langsung terkena guyuran air hujan.


4.      Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Dengan anak-anak bermain hujan-hujanan ternyata bisa menghilangkan toksin/racun dalam tubuh. Apabila anak-anak sering terguyur air hujan maka system kekebalan tubuh pada anak akan semakin baik. Tentunya kondisi tubuh anak sedang sehat saat bermain hujan-hujanan.


5.      Menguatkan Tulang

Pada air hujan mengandung ion negative yang bisa menghasilkan reaksi bio kimia, menetralkan keasaman tubuh, dan menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang, sehingga dengan anak-anak berhujan-hujanan ketika kondisi tubuh dalam kondisi sehat bisa menguatkan tulang.


6.      Meningkatkan kekebalan Tubuh

Dengan anak-anak bermain hujan-hujanan dalam kondisi anak-anak sehat, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, karena terkena air hujan yang langsung turun dari atas tanpa mengalir melalui atap apapun, air hujan kondisinya bersih dan dapat memberikan stimulus pada kulit dan merangsang produksi sel-sel kekebalan.


7.      Mengurangi Stres dan Cemas

Anak-anak bemain-main mandi dengan air hujan dapat memberikan pengalaman menyenangkan dan relaksasi bagi anak-anak. Sensasi air hujan yang jatuh mengenai tubuh anak-anak bisa juga membantu meredakan stress dan cemas pada anak-anak.


8.      Pengalaman Bermain di Alam

Dengan anak-anak bermain hujan-hujanan memberikan manfaat untuk anak pengalaman unik bermain di luar rumah sambil mengajarkan anak tentang siklus air, cuaca, dan keajaiban alami.


9.      Membuat Rambut Bersinar

Air hujan memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut. Kadar PH  seperti ini sangat cocok untuk mempertahankan akar rambut, sehingga bisa mencegah kerontokan rambut pada anak-anak.


10.  Mengurangi Penggunaan Gadget

Dengan anak-anak bermain hujan-hujanan bisa menjadi alternative yang bagus untuk mengurangi waktu anak-anak bermain gadget.


 

Demikian diantaranya manfaat bermain di luar rumah sambil hujan-hujanan bagi anak-anak. Akan tetapi perlu diperhatikan saat mengijinkan anak-anak main hujan-hujanan, diantaranya kondisi kesehatan anak, keamanan lingkungan tempat anak-anak bermain hujan-hujanan, segera lepas baju basah yg dipakai saat hujan-hujanan dan mandi air hangat, beri asupan makanan hangat dan tidur setelahnya.

 

Posting Komentar untuk "Manfaat Hujan-hujanan Bagi Anak-anak"