Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Aflahsentosa.com - Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca. Mungkin teman-teman ada yang sudah pernah mengalami flashdisk nya tidak terbaca atau file yang ada di flashdisk tidak muncul atau tidak terlihat saat flashdisk di colokkan pada port USB di CPU maupun laptop, dan bahkan yang membuat khawatir muncul notifikasi perintah untuk format flashdisk. Kalau file yang ada tidak diperlukan lagi atau tidak penting bisa saja flashdisk langsung di format, tetapi jika file yang tersimpan file yang penting atau masih di perlukan lagi, tentunya tidak ingin format flashdisk, karena jika di format, file yang tersimpan pada flashdik akan terhapus semua.
Sebelum kita ambil keputusan untuk format flashdisk, coba kita lakukan langkah-langkah untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca / flashdisk minta di format.

Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format


Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki flashdisk yang file-nya tidak terlihat:

1. Colokkan flashdisk pada port USB lainnya :
Colokkan flashdisk pada port USB lainnya atau jika flashdisk belum terbaca, coba colokkan flashdik pada komputer / laptop lain. Jika pada komputer lain bisa terbaca, kemungkinan port USB bermasalah atau sitem windows minta di update.

2. Gunakan Antivirus :
Cek flashdisk dengan antivirus untuk memastikan tidak ada virus atau malware yang menyebabkan masalah pada flashdisk. Virus atau malware bisa menyembunyikan atau menghapus file pada flashdisk Anda.

3. Gunakan Disk Management Tool :
Cara yang selanjutnya adalah pemindaian atau scanning flashdisk menggunakan Disk Management Tool. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki flashdisk yang mengalami kerusakan.
Jika memang ditemukan kerusakan atau adanya virus, secara otomatis Windows akan melakukan pemulihan atau perbaikan pada flashdisk.

Berikut langkah Disk Management Tool:

* Hubungkan flashdisk pada port USB PC/laptop.
* Klik kanan pada simbol Windows dan pilih Disk Management.
* Pilih disk flashdisk kamu lalu klik kanan. Setelah kamu klik kanan, pilih Properties lalu tunggu hingga muncul tab baru.
* Klik Tools dan pilih fitur Check.
* Klik Scan and Repair Drive dan tunggu hingga selesai. Coba hubungkan flashdisk kamu setelah menggunakan cara ini.

4. Buka Flashdisk dengan Device Manager :
Selain itu, kamu juga bisa mengecek flashdisk dengan Device Manager. Cara ini bisa kamu lakukan jika PC/laptop bisa membaca flashdisk kamu tetapi file yang ada tidak bisa terbaca.

Berikut langkah Device Manager:

* Cari Device Manager di pencarian yang ada di Windows atau bisa juga dengan menekan “Windows + X”, kemudian pilih Device Manager.
* Setelah membuka Device Manager, kamu bisa klik Disk Drivers. Cari drive flashdisk lalu uninstall drive flashdisk tersebut.
* Terakhir, pilih Scan for Hardware Changes untuk memperbarui perubahan di drive. Restart PC/laptop kamu dan coba hubungkan flashdisk-nya lagi.

5. Gunakan Command Prompt :
Anda bisa mencoba menggunakan Command Prompt untuk mencari dan memperbaiki file yang tersembunyi atau hilang pada flashdisk Anda.

Berikut langkah Command Prompt:

* Pertama, colokkan flashdisk pada port USB CPU/laptop, pencet logo Windows pada keyboard lalu klik logo pencarian ketik command prompt.

* Apabila sudah muncul tab jendela hitam, ketik chkdsk G:.

* Kamu harus mengubah huruf G dengan huruf yang sesuai dengan drive flashdisk kamu, misalnya F, G, H dan lainnya.

* Berikutnya, tekan enter dan lihat apa yang ditampilkan oleh command prompt.

* Jika flasdisk kamu bermasalah, akan ada pemberitahuan bahwa Windows menemukan error dan sebagainya.

6. Gunakan Software Recovery :
Anda bisa mencoba menggunakan software recovery seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery Wizard untuk mencari dan mengembalikan file yang hilang pada flashdisk Anda. Pastikan untuk mengunduh dan menggunakan software recovery dari sumber yang terpercaya.

7. Format Flashdisk dengan Disk Management :
Disk Management juga bisa berfungsi untuk menghapus atau melakukan format semua file yang ada pada flashdisk yang tidak terbaca.

Cara ini memang tergolong ekstrem karena kamu akan kehilangan file di dalam flashdisk, namun bisa menjadi cara yang efektif karena bisa saja virus yang mengakibatkan tidak terbacanya flashdisk kamu:

* Pertama, klik Windows + X atau cari Disk Management di pencarian Windows.
* Kedua, pilih lokasi flashdisk yang akan diformat. Klik kanan pada drive tersebut lalu pilih format.
* Kamu akan diperingatkan tentang flashdisk jika memilih format, pilih “Yes” lalu tunggu proses format hingga selesai.
* Setelah diformat coba lagi untuk menggunakan flashdisk tersebut.

8. Format Flashdisk dengan Command Prompt
Cara yang terakhir adalah format flashdisk dengan Command Prompt:
* Pertama, klik Windows lalu cari Command Prompt. Ketik FORMAT F: /FS:FAT pada CMD tersebut.
* Huruf F pertama yang ada di bagian formatnya menunjukkan lokasi flashdisk. Kamu bisa menyesuaikan dengan lokasi flashdisk kamu. Kemudian, klik enter.
* Secara otomatis flashdisk kamu sedang diformat oleh Windows, tunggu hingga selesai.

Namun, jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar file pada flashdisk Anda sudah rusak atau korup. Anda mungkin perlu memformat flashdisk untuk memperbaiki masalah ini, agar flashdisk bisa digunakan lagi untuk menyimpan file dokumen.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca"