Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Madu Lebah Untuk Kesehatan, Berdasarkan Penelitian Ilmiah

Manfaat Madu Lebah Untuk Kesehatan - Apa yang Allah ciptakan di dunia ini untuk hamba-Nya pasti terdapat manfaat bagi hamba-Nya. Hanya saja karena keterbatasan ilmu pengetahuan kita sebagai manusia, terkadang kita tidak tahu/belum tahu manfaatnya. Seperti halnya madu dan lebah berdasarkan penelitian secara ilmiah banya sekali manfaatnya, seperti yang sudah disampaikan di dalam ayat Al Quran mengenai manfaat madu dan khasiatnya bagi manusia semenjak berabad-abad yang lalu. Sejak zaman Nabi, madu sudah diketahui banyak manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya pada zaman Nabi Muhammad SAW digunakan untuk menjaga stamina dan meredakan sakit, secara rutin mengonsumsi madu lebah.

Manfaat Madu Lebah Untuk Kesehatan


Berikut ini diantaranya manfaat madu lebah yang sudah dibuktikan secara ilmiah :

* Setiap hari terdapat bukti ilmiyah baru terkait khasiat madu sebagai obat. Yang terakhir membuktikan bahwa madu mengandung antibiotik yang sangat kuat.

* Dalam kajian terbaru yang dilakukan oleh universitas Sidney, Australia, terbuktikan bahwa madu memiliki kekuatan yang sangat mengagumkan dalam membunuh berbagai virus dan bakteri ganas yang resisten terhadap antibiotik.

* Peneliti di fakultas biologi dan mikroba di universitas Sidney, De Carter, mengatakan: Penelitian yang kami lakukan membuktikan bahwa madu bisa menggantikan berbagai antibiotik yamg digunakan dalam mengobati berbagai luka, seperti krim-krim yang beragam.

* Seperti halnya penggunaan madu sebagai sarana untuk membantu pengobatan dapat menambah usia antibiotik.

* Madu merupakan nutrisi paling baik untuk anak, remaja dan orang tua. Madu mengandung ratusan bahan yang bermanfaat: Berbagai vitamin yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan, mineral, garam dan antibiotik bagi berbagai virus dan kuman.

* Semua kajian ilmiyah menegaskan bahwa madu termasuk nutrisi obat paling baik.

* Jenis bakteri paling banyak menyebabkan infeksi tetap mampu melawan minimal satu jenis antibiotik. Ini mengharuskan produksi beragam antibiotik baru agar mampu membunuh bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit.

* Peneliti tersebut mengatakan: Para ilmuwan tidak mengetahui hingga sekarang cara kerja madu dalam melawan bakteri. Tetapi unsur yang terdapat di dalam madu bernama "methylglyoxal" berinteraksi dengan unsur-unsur lain yang belum kami ketahui hingga sekarang, sehingga mampu melumpuhkan kemampuan bakteri dalam memproduksi keturunan-keturunan baru yang mampu melawan antibiotik.

* Madu dianggap sebagai bahan paling kompleks dalam susunan unsur-unsurnya. Karena mengandung lebih dari 800 unsur. Kompleksitas ini membuat para ilmuwan kesulitan untuk mengetahui mekanisme yang digunakan dalam melawan bakteri dan membunuhnya.

* Kami katakan: Sesungguhnya Allah telah menitipkan di dalam bahan makanan ini berbagai khasiat obat yang sangat mengagumkan dan harus kita manfaatkan.


• Al-Quran yang agung telah memberitahukan tentang khasiat obat yang ada pada madu. Firman Allah:


ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

"kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir." (QS. An-Nahl: 69)

* Orang yang merenungkan lebah dan bagaimana lebah memproduk madu pasti mengagumi kompleksitas mencengangkan yang menyertai proses produksi madu.

* Lebah menempuh jarak puluhan kilometer dan hinggap pada ribuan bunga demi memproduk sesendok madu!

* Karena itu, kami berpesan agar setiap orang mengonsumsi madu setiap hari sekalipun sedikit khususnya pada saat makan sarapan yang disebut oleh para ilmuwan sebagai makanan paling penting di setiap hari.

* Terbukti secara medis bahwa mengonsumsi madu secara teratur bisa mengobati banyak penyakit, diantaranya radang urat saraf dan nyeri tulang punggung, meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit.

* Kami juga berpesan agar madu dengan semua macamnya banyak dimanfaatkan dan mengurangi penggunakaan antibiotik kimia. Tetapi pengaruh madu agak lambat dan penggunaannya sebagai obat memerlukan waktu beberapa pekan atau bulan, sekalipun kesembuhannya terjamin dengan ijin Allah.

* Alhamdulillah atas nikmat yang tak terhitung nilainya ini:

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. An-Nahl: 18)

Post a Comment for "Manfaat Madu Lebah Untuk Kesehatan, Berdasarkan Penelitian Ilmiah"