Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Baterai Smartphone Hemat

Agar Baterai Smartphone Hemat - Di zaman modern seperti sekarang ini, tentunya sudah banyak orang yang mengenal smartphone dengan berbagai merk dan bahkan memilikinya untuk berkomunikasi dengan sesama, bermain game, bahkan smartphone bisa digunakan untuk streaming menonton film maupun siaran langsung sepak bola, browsing internet, dll.

Dibalik kecanggihan smartphone yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, bermain game, streaming, browsing internet, tentunya tidak lepas dari daya arus dari baterai untuk menghidupkan smartphone agar smartphone bisa nyala dan berfungsi sebagaimana mestinya. Dan baterai tentunya mempunyai kemampuan yang terbatas, sehingga terkadang di saat kita menggunakan smartphone lagi asyik dan seru-serunya menyaksikan film maupun streaming siaaran langsung sepakbola tiba-tiba kehabisan daya baterai, tentunya semua itu sangat menyebalkan apalagi pas lagi menggunakan smartphone di luar rumah sambil nongkrong sama teman-teman dan tidak membawa power bank dan jauh dari colokan listrik untuk charge.

Agar Baterai Smartphone Hemat

Maka, solusi agar smartphone bisa nyala tahan lama yaitu dengan cara menghemat baterai. Berikut ini diantaranya agar baterai smartphone hemat :

1. Mengaktifkan Power Saving Mode

Agar baterai smartphone menjadi hemat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan fitur penghemat daya (Power Saving Mode) pada smartphone/ponsel. Dengan mengaktifkan power saving mode, secara otomatis smartphone akan menekan semua daya yang bisa menyebabkan daya baterai cepat habis.

2. Mematikan Fitur Lokasi

Apabila kita mengaktifkan fitur lokasi pada smartphone secara terus menerus, hal ini bisa menyebabkan daya baterai smartphone cepat terkuras. Maka dari itu kita gunakan fitur lokasi / GPS saat memang diperlukan saja, dan mematikan kembali GPS saat tidak digunakan lagi.

3. Setting Layar Jadi Dark Mode

Dengan kita setting layar smartphone menjadi Dark Mode (layar gelap), maka hal ini bisa menghemat daya baterai smartphone, dibanding apabila kita menggunakan mode layar terang. Apabila kita menggunakan mode layar terang, bisa membuat daya baterai smartphone cepat habis, karena dengan mode layar terang kebutuhan daya lebih besar daya baterai cepat terkuras.

4. Gunakan Jaringan WiFi

Apabila memungkinkan dan ada jaringan WiFi yang tersambung, gunakan jaringan WiFi saja karena hal ini juga bisa menghemat daya baterai smartphone, dibanding apabila kita menggunakan data seluler secara terus menerus. Akan tetapi jika tidak ada jaringan WiFi yang tersambung dan harus menggunakan data seluler, ya... gimana lagi, kalau memang adanya.

5. Hindari Menggunakan Wallpaper Gerak

Memang, dengan memasang wallpaper garak pada smartphone, bisa membuat tampilan smartphone menjadi lebih menarik, tetapi hal ini bisa menyebabkan daya baterai smartphone capat habis dan boros daya baterai. maka dari itu agar daya baterai smartphone tidak cepat habis, lebih baik gunakan/pasang wallpaper yang jenis statis/tidak bergerak.

6. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Dari beberapa aplikasi yang di instal di smartphone, tentunya ada aplikasi yang tidak sering di gunakan. Tanpa kita sadari, aplikasi-aplikasi yang ter instal di smartphone bisa membuat daya baterai cepat habis, karena aplikasi-aplikasi yang terinstal agar bisa berjalan tentunya membutuhkan daya baterai, dengan demikian bisa membuat daya baterai cepat habis. Maka agar daya baterai tidak cepat habis, alahkan baiknya hapus/uninstal aplikasi yang tidak digunakan/diperlukan. Dan tentunya dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan, bisa menambah space memory smartphone.

Nah....itulah diantaranya cara agar baterai smartphone bisa hemat daya / daya baterai tidak cepat habis. Semoga dengan mencoba cara-cara di atas bisa menghemat daya baterai smartphone kita. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a Comment for "Agar Baterai Smartphone Hemat "