Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum dan Dosa-dosa Riba

Aflahsentosa.com - Hukum dan Dosa-dosa Riba. Sebelum menuju pembahasan mengenai hukum riba dan dosa-dosa riba, saya sampaikan disini saya hanya sekedar berbagi mengenai hukum riba dan dosa-dosa riba yang saya dapat dari group yang membahas mengenai riba maupun yang saya dengar dari kajian ilmu bersama teman-teman yang disampaikan ustadz kami. Sekali lagi saya hanya berbagi pengetahuan khususnya tentang hukum dan dosa riba, barangkali saja ada yang membutuhkan ilmu tersebut

Hukum dan Dosa-dosa Riba


‘Umar radhiyallahu ‘anhu berkata : “Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai dia paham betul mengenai seluk beluk riba.”

‘Ali bin Abi Tholib mengatakan : “Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.” (Mughnil Muhtaj, 6/310)

Hadist2 diatas melarang kita untuk tidak berjualan kalau kita belum memahami tentang ilmu agama dalam berjualan. Karena apa? Karena bisa terjerumus dalam riba lhooo…

APA ITU RIBA?
Secara etimologi, riba berarti tambahan (al fadhl waz ziyadah). (Lihat Al Mu’jam Al Wasith, 350 dan Al Misbah Al Muniir, 3/345). Juga riba dapat berarti bertambah dan tumbuh (zaada wa namaa). (Lihat Al Qomus Al Muhith, 3/423)

HUKUM RIBA
Ibnu Qudamah mengatakan : “Riba itu diharamkan berdasarkan dalil Al Qur’an, As Sunnah, dan Ijma’ (kesepakatan kaum muslimin (Al Mughni 7/492) Bahkan tidak ada satu syari’at pun yang menghalalkan riba.

Al Mawardiy mengatakan, “Sampai dikatakan bahwa riba sama sekali tidak dihalalkan dalam satu syari’at pun. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal Sesungguhnya mereka Telah dilarang daripadanya.” (QS. An Nisaa’:161). Maksudnya adalah riba ini sudah dilarang sejak dahulu pada syari’at sebelum Islam. (Mughnil Muhtaj, 6/309)

Di antara dalil Al Qur’an yang mengharamkan bentuk riba adalah firman Allah Ta’ala : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Ali Imron: 130)

Dari penjelasan diatas, semua ulama sepakat bahwa RIBA hukumnya haram baik berdasarkan Al Quran, Al Hadist dan ijma. Nah sekarang kita bahas ya apa saja dosa-dosa riba…

DOSA-DOSA RIBA

1. Riba Termasuk Dosa Besar

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Jauhilah tujuh dosa besar yang akan menjerumuskan pelakunya dalam neraka.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa tersebut? ”Beliau mengatakan“ :
[1] Menyekutukan Allah,
[2] Sihir,
[3] Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan,
[4] Memakan harta anak yatim,
[5] memakan riba,
[6] melarikan diri dari medan peperangan,
[7] menuduh wanita yang menjaga kehormatannya lagi (bahwa ia dituduh berzina). (HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89)
Dalam hadits diatas dijelaskan bahwa dosa besar ada 7 dan RIBA termasuk salah satunya. Jadi jika kita melakukan transaksi Ribawi maka kita telah melakukan dosa besar.

2. Pelaku Riba Di Laknat oleh Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, beliau berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (nasabah), pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama.”(HR. Muslim no. 1598)

Maksud perkataan “mereka semua itu sama” Syaikh Shafiyurraahman Al Mubarakfury mengatakan, “Yaitu sama dalam dosa atau sama dalam beramal dengan yang haram. Walaupun mungkin bisa berbeda dosa mereka atau masing-masing dari mereka dari yang lainnya.” (Minnatul Mun’im fi Syarhi Shohihil Muslim, 3/64)

Bagaimana perasaan Kita kalau Rasulullah Shallallahu alayhi wa sallam mencintai kita? Sungguh pasti hati kita akan berbunga2. Tapi kalau sebaliknya gmana? Di laknat Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam karena kita melakukan transaksi ribawi. Coba bayangin..

3. Seperti Berzina Sebanyak 36 Kali.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih mengatakan bahwa hadits ini shahih). Ada yang tau 1 dirham berapa rupiah? 1 dirham itu sekitar 60 ribu rupiah. Kebayang ga sih dengan nilai riba 60 ribu saja kita seperti berzina sebanyak 36 kali. Nah bayangin kalo ribanya dihasilkan dari jual beli rumah yang ribanya ratusan juta rupiah. Na’uzhubillahi min dzalik

4. Seperti Berzina Dengan Ibu Kandung.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lainnya)
Apakah teman2 di sini sayang kepada ibu? Pasti dong. Kalau sayang sama ibu tapi kita masih melakukan riba maka dosanya seperti menzinahi ibu kita.. Serem banget ga sih dosa riba yang satu ini?
Semoga Allah menghindari kita dari perbuatan ini. Aamiin

5. Siap Mendapat Adzab Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah.” (HR. Al Hakim). Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi. Ada yang siap kalau misal kampungnya di adzab sama Allah? Nah kalau ada praktek ribawi yang marak di sebuah tempat dan ditambah maraknya perzinahan maka sesungguhnya mereka telah menghalalkan adzab Allah untuk mereka.

6. Diperangi Allah dan Rasul.

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” (Al Baqarah: 278-279) Kebayang ga sih kita kalo Allah dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerangi kita?

Nah itulah beberapa dosa-dosa Riba. Semoga Allah ‘Azza wa Jalla memberikan kita kemudahan untuk menjauhkan dosa-dosa tersebut. Dan apabila ada saudara yang saat ini sudah terlanjur hutang riba, semoga Allah segera memberi petunjuk dan jalan untuk menutup pinjaman riba. Aamiin yaa Allah

Posting Komentar untuk "Hukum dan Dosa-dosa Riba"