Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dampak Buruk Memakan Harta Haram

Aflahsentosa.com - 5 Dampak Buruk Memakan Harta Haram. Harta merupakan sesuatu yang penting dalam hidup kita, dengan harta yang dimiliki kita bisa berbuat apa saja yang kita inginkan.
Baik buruknya semua akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat nanti.
Namun terlepas dari itu Harta yang dicari dengan cara mengabaikan aturan Allah, dan terselip di dalamnya keharaman sebagai akibatnya. Maka biasanya, pemiliknya akan dihinggapi dengan 5 perasaan ini sebagai dampaknya.


1. Panjang Angan-angan.

Pikirannya akan disibukkan dengan memikirkan angan-angan tentang untuk apa uangnya akan digunakan di masa depan.. ia akan terus kumpulkan sampai banyak, sampai lupa memanfaatkannya sebab ia ingin mengejar keinginan yang lebih tinggi dari yang saat ini ada.
Sehingga meskipun sudah banyak.. tak akan pernah membuatnya bersyukur sebab angan-angannya terus butuh dibiayai.

2. Dikuasai Sifat Tamak

Punya satu kemewahan, beralih menginginkan kemewahan lainnya. Tak pernah merasa cukup.. Dan hidupnya dikendalikan perasaan untuk memiliki apa yang juga dimiliki orang lain.

3. Bakhil

Sudah jadi cirinya harta haram, biasanya akan membuat pemiliknya berat hati untuk membelanjakannya di jalan kebaikan, tapi begitu ringan untuk membiayai kemaksiatan.

4. Kurangnya Sifat Wara'

Tak lagi berhati-hati adalah tanda matinya hati. Sebab terus memakan yang haram.
Tak lagi peduli dengan hukum Allah dan RasulNya, sehingga tak lagi berhati-hati dalam hidup dan melangkah.

5. Lupa Akan Akhirat

Ia mengira bahwa kekayaannya akan dinikmati selamanya. Ia merasa bahwa dunia ini masih lama dan waktunya masih panjang, sehingga tak ada baginya pemikiran untuk mempersiapkan akhirat. Ia akan disibukkan dengan keinginannya menikmati dunia sebab merasa bisa membayar kesenangan yang diinginkannya.

Semoga kita semua terhindar dan dijaga oleh Allah dari segala sifat buruk demikian..
Aamiin ya rabbal alamiin 

Posting Komentar untuk "5 Dampak Buruk Memakan Harta Haram"