Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekuarangan Menggunakan Aplikasi BRILink Mobile

Aflahsentosa.com-Kelebihan dan Kekuarangan Menggunakan Aplikasi BRILink. Pada era sekarang ini, banyak yang menggunakan akses internet untuk menunjang aktifitasnya, baik itu dalam kegiatan belajar mengajar, pekerjaan. Bahkan sekarang banyak sekali bisnis online yang pasti menggunakan akses internet untuk menjalankan bisnisnya dalam menjangkau atau melayani para pelannganya atau calon costumer. Apalagi perusahaan perbankan yang sistem kerjanya secara online dalam mengimput data transaksi keuangan, seperti halnya Bank BRI. Bahkan untuk melayani nasabahnya di seluruh Indonesia terutama bagi nasabah BRI yang daerahnya atau tempatnya jauh dari kantor cabang BRI maupun kantor unit BRI, bank BRI sudah meluncurkan yang namanya BRILink untuk mempermudah dalam melayani para nasabahnya yang daerahnya jauh dari kantor unit maupun kantor cabang BRI. BRILink ini layaknya sebuah bank tanpa kantor atau mini ATM dan bisa di jalankan secara individu yang disebut sebagai Agen BRILink.

Bagi yang ingin menjadi Agen BRILink syaratnya diantaranya Warga Negara Indonesia yang sudah menjadi nasabah BRI dan memiliki usaha sendiri, mengisi pendaftaran BRILink dan tentunya mempunyai modal atau saldo dalam rekening yang cukup untuk menjalankan transaksi perbankan menjadi Agen BRILink. Itu hanya beberapa syarat yang harus di penuhi untuk mendaftar menjadi Agen BRILink, dan apabila ada yang ingin menjadi agen BRILink untuk syarat lengkapnya bisa datang dan tanyakan di kantor Bank BRI terdekat.

Bagi yang sudah memenuhi syarat daftar Agen BRILink dan pendaftaran Agen BRILink sudah di terima, dalam menjalankan kegiatan menjadi Agen BRILink dapat dilakukan dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Untuk saat sekarang ini bagi agen BRILink dalam menjalankan kegiatan atau transaksi menjadi agen BRILink bisa menggunakan hanphone / HP melalui aplikasi BRILink Mobile seperti yang sudah saya jalankan menjadi Agen BRILink dengan menggunakan HP melalui aplikasi BRILink. Tetapi dalam menjalankan agen BRILink menggunakan HP melalui aplikasi BRILink Mobile terdapat kelebihan dan kekurangannya menggunakan aplikasi BRILink Mobile diantaranya sebagai berikut :


Kelebihan dan Kekuarangan Menggunakan Aplikasi BRILink


Kelebihan Menggunakan Aplikasi BRILink

1. Transaksi bisa di kerjakan menggunakan HP tanpa harus menggunakan mesin EDC

2. Transaksi bisa dilakukan dimana saja selama HP masih ada sinyal internet / WiFi atau data internet

3. Setiap transaksi menggunakan aplikasi BRILink Mobile bukti transaksi bisa cetak menggunakan printer bluetooth yang sudah di setting terkoneksi dengan BRILink Mobile tidak seperti BRI Mobile yang untuk saat ini belum ada menu untuk print bukti transaksinya menggunakan printer bluetooth.

4. Dengan menggunakan aplikasi BRILink Mobile juga bisa untuk pembayaran, pembelian, transfer tunai/cash, dll.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi BRILink

1. Setiap mau transaksi menggunakan aplikasi BRILink Mobile harus memasukkan Username dan Password

2. Apabila mau transaksi transfer maupun tarik tunai, cek saldo harus memasukkan nomor kartu ATM 16 digit angka, tidak seperti menggunakan mesin EDC tinggal gesekkan kartu ATM nya pada mesin EDC dan memasukkan PIN

3. Bagi nasabah yang mau transaksi menggunakan kartu ATM nya sendiri harus yang sudah daftar SMS Banking mauoun Internet Banking.

4. Bagi nasabah yang belum daftar SMS banking / Internet banking, apabila mau transaksi transfer / tarik tunai menggunakan kartu ATM nasabah sendiri, apabila menggunakan aplikasi BRILink Mobile sampai saat ini belum bisa terlayani, ada pemberitahuan di aplikasi "Belum ada nomor HP yang di daftarkan"

5. Setiap transaksi transfer maupun tarik tunai menggunakan kartu ATM sendiri milik agen BRILink maupun kartu ATM milik nasabah itu sendiri yang sudah terdaftar SMS Banking / Internet Banking sebagai verifikasi transaksi harus memasukkan kode OTP yang di kirim melalui SMS ke nomor HP yang sudah terdaftar di bank

6. Bagi nasabah yang sudah daftar SMS Banking / Internet Banking yang mau bertransaksi tarik tunai / transfer, dll menggunakan kartu ATM sendiri melalui aplikasi BRILink Mobile harus sekalian membawa HP dengan nomor HP yang sudah terdaftar SMS/Internet Banking untuk menerima OTP (One-Time Password) yang dikirim melalui SMS sebagi verifikasi transaksi pengganti PIN ATM.

7. Bagi nasabah yang sudah daftar SMS Banking / Internet Banking yang mau bertransaksi tarik tunai / transfer, dll menggunakan kartu ATM sendiri melalui aplikasi BRILink Mobile dan kebetulan tidak membawa HP dengan nomor HP yang sudah terdaftar, untuk menerima OTP yang di kirim melalui SMS, transaksi juga belum bisa dilanjutkan, karena kode OTP yang di kirim melalui SMS harus di tunjukkan ke Agen Brilink yang di datangi sebagai verifikasi transaksi pengganti PIN.

Kode OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang umumnya dikirimkan melalui SMS atau e-mail dan setiap transaksi kode OTP yang di kirim tidak sama selalu berubah dan tidak sama.
Demikian yang bisa saya bagikan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi BRILink Mobile yang saya alami sebagai Agen Brilink yang menggunakan Aplikasi Brilink Mobile dalam menjalankan transaksi. Mohon maaf apabila ada yang kurang dipahami dalam penulisan/penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan aplikasi Brilink Mobile.

Bagi teman-teman yang sudah menjadi Agen Brilink dan menggunakan aplikasi Brilink Mobile dalam menjalankan transaksinya, apabila ada tambahan mengenai kekurangan / kelebihan selama transaksi menggunakan aplikasi Brilink Mobile, bisa menambahkan pada kolom komentar pada postingan ini.
Harapan saya, semoga kedepannya aplikasi Brilink Mobile bisa dikembangkan / ditingkatkan / sempurnakan lagi aplikasinya agar bisa digunakan transfer / tarik tunai bagi nasabah yang belum terdaftar SMS / Internet Banking. Semoga bermanfaat. Aamiin

Post a comment for "Kelebihan dan Kekuarangan Menggunakan Aplikasi BRILink Mobile"