Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Receiver Parabola Protek (Nyala standby)

Aflahsentosa.com - Receiver parabola protek (Nyala standby). Hallo kawan, gimana kabarnya...? Semoga lagi yang terbaik dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com kembali berbagi mengenai trouble shooting perangkat elektronika, dan untuk kesempatan kali ini akan membahas mengenai Receiver Parabola (Digital Video Broadcasting DVB)

Receiver Parabola Protek (Nyala standby)

Receiver Parabola dengan kerusakan proteck / standby, biasanya ditandai, dengan gejala sebagai berikut :

1. Receiver bisa nyala, tetapi pada display hanya muncul display garis, tidak muncul angka channel.
2. Receiver bisa nyala, tetapi pada display tidak muncul display garis maupun angka channel, hanya lampu LED power saja yang menyala.
3. Receiver pada display tidak nyala apapun seperti no. 1 dan 2 di atas, tetapi pada saat receiver pada posisi on, bila di amati terdengar suara nyit...nyit... atau tiiik...tiiik.

Apabila menjumpai kerusakan receiver parabola seperti gejala di atas, biasanya kerusakan pada bagian regulator/PSU. langkah perbaikannya sbb:

1. Cek solderan pada bagian regulator, apabila ada solderan yang retak/lepas, coba solder ulang.
2. Cek dioda menggunakan multitester kemungkinan short, atau ada elco kering / kembung / bengkak. Apabila ada dioda short / elco kering coba ganti dengan yang baru/normal.
3. Apabila langkah 1-2 di atas sudah dilakukan, tetapi belum berhasil, coba cek komponen lainnya pada bagian regulator dan juga cek elco pada bagian Mpeg kemungkinan ada elco kering/kembung/bengkak
4. Apabila pada langkah 1-3 sudah dilakukan tetapi belum berhasil, coba ganti regulator dengan regulator yang banyak di jual di toko komponen elektronik.
5. Apabila langkah 1-4 sudah dilakukan, belum berhasil, kemungkinan rusak pada bagian Mpeg (IC Mpeg). Apabila demikian, ada yang bisa dengan cara di flash menggunakan perangkat/alat khusus atau beli receiver baru.

Berikut ini video tutorial cara memperbaiki receiver parabola protek (Nyala standby)



Demikian yang bisa aflahsentosa.com bagikan mengenai trouble shooting receiver parabola, semoga bisa menjadi referensi sobat yang hobby otak-atik perangkat elektronika yang menjumpaimkerusakan receiver parabola dengan ciri-ciri / gejala seperti di atas. Semoga bermanfaat. aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Receiver Parabola Protek (Nyala standby)"