Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop

Aflahsentosa.com - Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop. Hallo sobat, jumpa lagi dengan aflahsentosa.com. Pada kesempatan kali ini aflahsentosa.com akan berbagi masih mengenai trouble shooting pada rangkaian elektronika khususnya televisi dan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop.
Permasalahan TV Samsung slim tegangan drop pernah saya jumpai ketika menservis televisi merk samsung, gejalanya seperti berikut ini, Pada saat TV di nyalakan pencet tombol power / channel plus dan di ukur tegangan B+ pada titik colector horisontal, saat start tegangan B+ pada titik colector horisontal normal dan tegangan langsung turun, flyback tidak bekerja. Sebenarnya banya penyebab yang menyebabkan tegangan pada tv tegangannya drop, dan saya akan bahas berdasarkan pengalaman saya yang pernah saya alami selama servis TV.


Apabila menjumpai kerusakan TV dengan tegangan drop, coba lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Lepas dulu transistor horisontal dan ukur tegangan B+ pada titik colector horisontal, dan coba nyalakan TV sambil ukur titik colector pada transistor horisontalnya, apabila tegangan langsung turun, coba lakukan lakukan langkah ke dua berikut.

2. Cek solderan pada daerah regulator, kemungkinan ada solderan retak / komponen lepas, ini juga bisa menyebabkan tegangan drop, apabila ada solderan retak/komponen mau lepas dikarenakan solderannya yang lepas, coba solder ulang.

3. Cek komponen pada area / blog regulator, barangkali ada elco kering biasanya di tandai dengan elco yang membengkak/kembung pada bagian atas elco atau bungkus isolator elco mengkerut/lepas atau bisa juga nilai elconya menurun bisa di ukur menggunakan ESR meter.

4. Bisa juga ada komponen yang nilai tahanannya sudah membesar seperti resistor, atau bisa juga ada dioda / komponen lainnya yang short.

Apa yang saya sampaikan di atas hanya garis besarnya saja yang pernah saya alami, mungkin juga ada penyebab lainnya yang menyebabkan tegangan TV drop. Sebagai tukang servis TV apabila menjumpai kerusakan TV harus sabar dan teliti dalam mengukur/mengecek komponen-komponen elektronika, karena kadang komponen yang rusak tidak cepat ketahuan dan usahakan bisa mengembangkan/berinovasi sendiri cara mensiasati agar TV bisa normal kembali.

Dibawah ini Video Tutorial Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop:


Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang hobby otak-atik elektronika khususnya sobat yang sedang belajar servis tv seperti saya ini. Semoga bermanfaat. Aamiin
Santoso 78
Santoso 78 Seseorang yang hobby elektronika dan Informasi lainnya yang bermanfaat

Post a comment for "Cara Mengatasi Kerusakan TV Samsung Slim Tegangan Drop"